oleh

Kemampuan Indera Pengecap akan Menurun Seiring Usia?

Kabar6-Sebuah penelitian mengungkapkan, jumlah indera pengecap pada lidah akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini menjadi penting, karena semakin sedikitnya indera pengecap pada lidah yang berhubungan erat dengan peningkatan kasus kadar gula darah puasa.

Penurunan jumlah indera pengecap ini menjadi alasan mengapa lebih banyak orang tua yang menderita penyakit kencing manis atau diabetes tipe 2 saat ini.

Dalam penelitian, melansir Webmd, ditemukan jumlah indera pengecap di lidah mempunyai hubungan dengan usia dan bagaimana cara tubuh menangani gula. Berdasarkan data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat pada 2012, sebanyak 9,3 persen penduduk di AS menderita penyakit kencing manis tipe 2. Di antara mereka yang usia di atas 65, seperempatnya atau sekira 11,2 juta orang mengidap Penyakit Kencing Manis.

Berdasarkan penelitian terdahulu menunjukkan, penderita penyakit kencing manis tipe 2 memiliki indera pengecap, namun tidak dapat merasakan rasa manis seperti seharusnya.

Para peneliti melakukan pemeriksaan data terhadap 353 orang dewasa, meneliti mengenai hubungan antara proses penuaan, Massa Indeks Tubuh (BMI), gula darah dan indera pengecap.

Pengukuran terhadap jumlah indera pengecap adalah mudah dan simpel. Pengukuran dilakukan dengan memberikan pewarna biru pada lidah setiap partisipan. Lidah akan berubah menjadi biru, namun taktil pengecap yang tidak dapat diwarnai dan akan berubah menjadi bintik merah muda, sehingga dapat dihitung jumlahnya.

Hasil awal dari penelitian jumlah indera pengecap ini mungkin akan mempunyai peran terhadap bagaimana tubuh kita memproses gula selama proses penuaan di masa yang akan datang. ** Baca juga: Penjelasan Secara Medis Mengapa Mata Kedutan

Untuk menjawab pertanyaan tentang apakah ada yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah indera pengecap seiring pertambahan usia, dikatakan bahwa penelitian mengenai indera pengecap adalah bidang yang sangat baru dan sampai saat ini belum diketahui alasan mengapa jumlah indera pengecap bisa menurun jumlahnya seiring dengan pertambahan usia.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi kemungkinan hubungan antara penurunan indera pengecap dengan peningkatan kejadian penyakit kencing manis dan usia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru