oleh

Keluarga Pasien Positif Pertama Corona di Serang Akan Lakukan Swab

Kabar6-Pasien positif covid-19 pertama ditemukan di Kabupaten Serang, Banten, tepatnya di Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin. Pasien berjenis kelamin pria dan berusia 75 tahun. Dua di duga terpapar Corona usai bepergian ke Jakarta, karena sehabis mengurus pekerjaannya di Ibu Kota, dia mengeluhkan sakit.

Karena sakit, dia kemudian berobat ke beberapa klinik dekat rumahnya, hingga dirujuk ke RSUD Banten pada 29 Maret 2020 karena mengalami gejala mirip covid-19 dan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Kondisi pasien stabil. Tadi sore ada hasil laboratorium dari Litbangkes Kemenkes positif covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Kamis (09/04/2020).

Di akui Agus, usai pasien dirawat di RSUD Banten, keluarga inti pasien sudah dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Besok, Jumat 10 April 2020, tim Dinkes Kabupaten Serang berencana akan melakukan pemeriksaan swab terhadap keluarga inti pasien.

“Untuk keluarga terdekat sudah kita lakukan pelacakan, sejak hari pertama pasien ini ke RS Banten, rapid test dan hasilnya reaktif. Sesuai protap, besok akan kami lakukan swab dan jika diperlukan akan kami lakukan isolasi di RS, (swab) bagi keluarga terdekat yang rapid test nya reaktif,” terangnya.

**Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Di Kota Serang Bertambah.

Pengecekkan covid-19 melalui rapid test akan diperluas hingga ke warga sekitar rumah dan karyawannya uang pernah bersentuhan dengan pasien. Usai pemeriksaan, maka rumah, perkampungan dan lokasi kerja pasien akan disemprotkan disinfektan.

“Pemeriksaan bukan hanya keluarga terdekat, tapi warga sekitar yang pernah kontak dengan pasien. Untuk karyawan nanti langkah selanjutnya. Penyakit penyerta hasil pemeriksaan ada penyakit jantung,” jelasnya.(Dhi)

Berita Terbaru