oleh

Kelas RS Di Banten Diturunkan, Wagub Andika: Bikin Daerah Kelabakan

Kabar6-Keluarnya surat rekomendasi tentang penurunan kelas Rumah Sakit (RS) di Indonesia, termasuk di Provinsi Banten.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, hal itu dapat berdampak pada kekacauan dan membuat daerah menjadi kelabakan jika hal itu benar terjadi.

Menurutnya, dengan turunnya kelas RS yang ada di Banten, kata dia, dapat berdampak pada pelayanan kesehatan dan langsung diraskan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tidak hanya itu saja, lanjut Andika, dengan tidak dimilikinya RS dengan kelas B di Provinsi Banten, membuat masyarakat kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari RS rujukan sebagai akibat penurunan kelas yang terjadi.

Sekedar untuk diketahui, adapun RS yang ada di seluruh Kabupaten dan Kota yang ada saat ini di Provinsi Banten baru sampai pada kelas B, dengan turunnya kelas tersebut. Maka, Provinsi Banten hanya memiliki RS kelas C atau D saja.

“Bisa kelabakan. Akhirnya masyarakat jadi keluar daerah semua, karena kita tidak ada RS kelas B sendiri,” kata Andika, kepada wartawan usai membuka kongres ke-5 Kelompok Kerja (Pokja) wartawan harian dan elektronik Provinsi Banten di Hotel Marbela, Anyer, Kabupaten Serang, Sabtu (20/7/2019).

Sebelumnya Kemnkes RI mengeluarkan surat rekomendasinya agar sejumlah RS di Indonesia termasuk di Provinsi Banten diturunkan kelasnya.

Hal itu menyusul dilakukan reviu oleh pihak BPJS Kesehatan agar RS yang dimaksud dapat diturunkan kelasnya dari tipe selumnya.

Berikut nama-nama RS di Provinsi Banten yang terancam diturunkan kelasnya, antaranya di Kota Serang, RS Drajat Prawiranegara dari sebelumnya kelas B turun ke C, RSUD Banten belumnya kelas B ke C, RS Sari Asih Seranf B ke C.

Serupa di Kabupaten Lebak, RSUD Dr. Adjidarmo dari ssbelumnya kelas B ke C. Kabupaten Tangerangan RS Selaras dari sebelumnya kelas C ke D, RS Mulia Insani C ke D, RS Ciputra B ke C.

Kota Tangerang RS Sari Asih Karawaci B ke C, RS Siloam Hospital Lippo Village B ke C, RS Mayapada B ke C, RS Sari Asiah Sangiang C ke D, RS Aqidah C ke D, RS Insan Permata C ke D.**Baca juga: Plang Penunjuk Jalan di Dekat ‘KiTangerang’ Sudah Kusam.

Sementara di Kota Tangsel RS Rumah Indonesia Sehat C ke D, RSUD Kota Tangsel C ke D, dan terakhir Kota Cilegon RS Krakatau Medika B ke C.(Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru