oleh

Kelainan Langka, Penemuan Otak Manusia Tanpa Kerutan

Kabar6-Jika biasanya otak manusia normal memiliki lekukan dan alur-alur di seluruh permukaannya, baru-baru ini ada penemuan unik otak manusia tanpa kerutan di Bank Otak Inggris.

Adalah Adam Voorhes yang menjadi penemu otak tanpa kerutan itu. David Dexter, Direktur Sains Bank Otak Inggris, sendiri mengaku terkejut dengan temuan Voorhes. Ya, Dexter sama sekali belum pernah melihat otak yang polos tanpa lipatan dan alur. ** Baca juga: Viral, Polisi India Terkejut Saat Hentikan Sebuah Bajaj yang Ternyata Berisi 27 Penumpang

Ketiadaan alur dan lipatan tersebut, melansir Iflscience, sebenarnya merupakan kelainan langka yang disebut lissencephaly. Kelainan tersebut disebabkan oleh migrasi neuron abnormal saat perkembangan embrio. Untuk memahami kelainan tersebut, Voorhes menghabiskan waktu satu tahun penuh meneliti 100 koleksi otak manusia. Ia membaca dokumen-dokumen berusia ratusan tahun yang menjelaskan kelainan lissencephaly tersebut.

Voorhes kemudian menemukan bahwa penderita lissencephaly ringan akan mengalami kesulitan dalam menelan, peregangan urat, menangkap benda, serta mencerna suatu hal yang baru. Sebagian besar penderita lissencephaly meninggal dunia sebelum usia 10 tahun.

Semua otak yang diteliti Voorhes sebenarnya merupakan koleksi dari pasien Austin State Mental Hospital. Lebih dari 20 tahun koleksi ini terlupakan di sudut belakang laboratorium hewan.

Di antara semua tabung-tabung berisi otak yang kini sudah diamankan, penemuan unik otak manusia tanpa kerutan tersebut adalah koleksi yang paling langka.(ilj/bbs)