oleh

Kejari Tetapkan Tersangka Baru pada Korupsi BOS Afirmasi untuk SMP di Pandeglang

Kabar6 – Setelah menetapkan A Direktur PT. Awi Corp ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi pengadaan Tablet dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pandeglang pada tahun 2019 untuk sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pandeglang.

Kini Kejari Pandeglang menetapkan U selaku Direktur PT. Grand Integra Telematika yang merupakan penyedia 3500 unit tablet untuk 45 SMP Negeri di Kabupaten Pandeglang sebagai tersangka baru pada Kamis (27/10/2022) kemarin. Diketahui PT. Awi Corp merupakan mitra PT. Grand Integra Telematika.

Kasi Pidsus Kejari Pandeglang, Kunto Trihatmojo menjelaskan modus korupsi tersebut. Mulanya mantan Ketua MKKS Pandeglang inisial S dan US mengumpulkan para kepala sekolah SMP untuk mengarahkan pembelian tablet melalui aplikasi SIPLah ke PT. Grand Integra Telematika.

Kemudian US menghubungi Tersangka AS untuk mengorganisir pembelian tablet dari satuan pendidikan. Kemudian AS mengarahkan pembelian agar tepat sasaran PT. Grand Integra Telematika. Dari total pembelian itu tersangka US kemudian memberi fee sebesar 14 persen kepada AS.

“Tersangka A bekerjasama dengan almarhum saudara S, untuk mengkondisikan agar penerima BOS Afirmasi 2019 membeli tablet dan mini PC kepada satu merek di PT. GI. PT. GI sendiri membuat perjanjian dengan tersangka A untuk memberi pembagian sebesar 14 kepada saudara A dari total pembelian,” ungkap Kunto.

**Baca juga: Terjun ke Parit, Penumpang dan Supir Angkot Jurusan Pandeglang – Mandalawangi Tewas

Kunto menjelaskan, Kejari akan segera meningkatkan perkara ini ke arah penuntutan. Sambil menunggu Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyelesaikan audit kerugian negara.

“Untuk sementara perkara ini akan segera ditingkatkan ke penuntutan, bilamana laporan hasil audit BPKP sudah keluar. Untuk lain-lainnya, perkembangannya bisa kita lihat dari fakta persidangan,”tandasnya.(aep)

Print Friendly, PDF & Email