oleh

Kejar Herd Immunity, BIN Turun ke Desa-desa di Lebak Ajak Masyarakat Vaksinasi Covid-19

Kabar6-Cakupan vaksinasi Covid-19 terus dikejar oleh Pemerintah Kabupaten Lebak. Targetnya pada akhir tahun ini, cakupannya bisa mencapai 70 persen.

Sadar jika hal itu bukan hal yang mudah, Badan Intelijen Negara (BIN) turun tangan untuk membantu agar herd immunity atau kekebalan kelompok bisa segera terwujud di kabupaten penyangga ibu kota tersebut. Sasarannya masyarakat di setiap pelosok desa.

Bekerja sama dengan puskesmas, BIN mengajak masyarakat untuk mau mengikuti vaksinasi massal. Salah satunya digelar di Desa Panancangan, Kecamatan Cibadak.

“Satu desa rata-rata ditargetkan bisa mendapat 250 orang warga, pelajar dan lansia,” kata Kepala BIN Daerah Banten, Brigjen TNI Cahyono Cahya Angkasa dalam keterangan tertulis, Kamis (2/11/2021).

Menurut Cahyono, percepatan vaksinasi merupakan upaya dalam rangka memutus rantai Covid-19 dengan membentuk sistem kekebalan tubuh. Faktanya kata Cahyono, gencarnya vaksinasi membawa Banten ke zona kuning.

Sementara vaksinasi yang dilaksanakan di Kabupaten Lebak sebagai bagian mendorong Lebak kembali ke PPKM level 2.

“Kami bersyukur sekarang ini Banten masuk ke zona kuning, dan diharapkan bisa ke zona hijau. Untuk itu kami mengakselerasi vaksinasi sehingga mempercepat herd immunity bagi masyarakat khususnya di Banten. Dalam pelaksanaan vaksinasi kami Binda Banten bekerja sama dengan puskesmas, pemerintah daerah, TNI dan Polri dalam percepatan vaksinasi,” paparnya.

Menurut Cahyono, agar target vaksinasi bisa tercapai akhir tahun ini, kerja sama antar semua pihak termasuk masyarakat sangat diperlukan.

“Untuk itu BIN hadir, memberikan upaya pencegahan meluasnya Covid-19 salah satunya dengan pelaksanaan vaksinasi massal hingga ke pelosok perkampungan,” jelas lulusan Akmil 1987 ini.

**Baca juga: Demo HUT Lebak Ke-193 Ricuh, Infrastruktur hingga Reformasi Birokrasi Jadi Tuntutan Mahasiswa

Sementara itu, Kepala Desa Panancangan Elis Nuraini mengapresiasi BIN Daerah Banten yang telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi warganya. Ia berharap capaian target vaksinasi dapat segera terwujud.

“Ini upaya meningkatkan herd immunity dan dengan harapan setelah divaksinasi masyarakat semakin sehat dan terhindar dari Covid-19,” harapnya.(Nda)

Berita Terbaru