oleh

Kehidupan Lansia Mualaf di Kadujajar Lebak, Sakit-sakitan hanya Andalkan Belas Kasihan Warga

Kabar6-Sebuah rumah panggung yang sudah usam, di Kampung Pasir Ranji RT 012 RW 05, Desa Kadujajar, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak menjadi tempat tinggal Surya Suanda (73) bersama kakak kandungnya.

Kedua pria lanjut usia (Lansia) tersebut merupakan mualaf yang sudah bertahun-tahun tinggal di tempat tersebut. Dari kartu identitasnya, Surya berasal dari wilayah yang dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Lebak yakni Muara Cijung Timur (MCT) Rangkasbitung. Seiring itu pula, Surya tak lagi berkomunikasi dengan keluarganya.

Kondisi Surya sering kali sakit-sakitan. Tubuhnya yang tak sebugar seperti saat masih muda tak lagi mampu untuk bekerja. Hanya belas kasihan dari para tetangga yang hanya bisa diandalkan Surya dan kakaknya.

Relawan Respek Peduli Kabupaten Lebak Delima Humairo Koesnady mengatakan, kondisi kehidupan Surya dan kakaknya yang begitu memprihatinkan ia ketahui dari pihak RSUD Malingping tentang seoramg lansia yang kerap kali berobat menggunakan kartu keluarga (KK) dan KTP sementara desa.

“Di sini mereka tinggal sebatangkara, bagaimana jadinya kalau mereka sudah betul-betul enggak berdaya,” ujar Delima, Minggu (6/10/2019).

Sejauh ini kata Delima, pelayanan kesehatan masih didapatkan dengan mudah. Akan tetapi, berkali-kali berobat, bagian administrasi mengaku kesulitan lantaran Surya tak memiliki KK dan KTP yang diterbitkan Disdukcapil.

**Baca juga: Pelajar Hendak Tawuran Diamankan Polsek Rangkasbitung, Sajam yang Disita Bikin Ngeri.

“Ya, data kependudukan mereka belum bisa dibuatkan pihak desa karena belum mengurus surat pindah dari wilayah asal. Insya Allah kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membantu data kependudukannya termasuk bantuan sosialnya,” papar Delima.

“Alhamdulillah kami pujya kegiatan sedekah nasi setiap hari yang insya Allah mereka menjadi tambahan target bantuan kami. Saya harap, kita bisa sama-sama bantu mereka,” ucapnya.(Nda)

Berita Terbaru