oleh

Kehamilan Melonjak Selama Covid-19. Dinkes Banten; Itu Hal Wajar

Kabar6-Angka kehamilan di Kota Serang melonjak. Menurut Kadinkes Kota Serang, Muhamad Iqbal, naiknya angka kehamilan merupakan hal yang wajar selama pandemi covid-19.

Karena ada kebijakan pemerintah untuk bekerja dari rumah dan mengurangi aktifitas diluar ruangan untuk mempersempit penularan corona.

“Karena kemarin itu kan ada imbauan untuk tetap dirumah aja. Kalau dibilang kecenderungannya naik, orang kan banyak dirumah, tentu wajarlah (banyak yang hamil),” jelas Iqbal, Kamis (05/06/2020).

Berdasarkan data dari Dinkes, angka kehamilan di Bulan Maret sebanyak 1.730 orang. Kemudian melonjak di bulan April, menjadi 2.066 orang.

Dalam dua bulan itu, pemerintah telah mengimbau agar masyarakat berada dirumah dengan mengurangi aktifitas diluar ruangan. Bahkan, pegawai pun diharuskan bekerja dari rumah atau WFH.

“Jumlah pelayanan kesehatan ibu hamil yang dari Kota Serang di bulan April memang mengalami peningkatan. Ada kenaikan karena adanya pandemi ya, karena memang semua dirumah tidak ada yang bekerja,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Lenny Suryani, diruangannya, Kamis (04/06/2020).

Begitu juga dengan yang melahirkan, dibulan Maret ada 892 bayi yang lahir. Sedangkan di bulan April menjadi sebanyak 920 bayi yang lahir.

Sedangkan wanita yang mendatangi Puskesmas untuk memeriksakan kehamilannya juga ikut bertambah, dari 935 orang di bulan Maret, menjadi 1.228 orang di bulan April 2020.

**Baca juga: Mata dan Mulut Pari Manta Terluka Ditemukan di Pesisir Pulau Tunda.

Menurut Lenny, banyaknya kehamilan yang terjadi selama massa pandemi covid-19 merupakan pernikahan yang dilakukan sebelum Corona merebak di Indonesia maupun Kota Serang, sebagai Ibu Kota Provinsi Banten.

“Paling banyak yang menikah sudah lama. Karena dengan kondisi begini kan agak terbatas lah menikahnya. Jadi penambahan ini dari kasus ibu-ibu yang sudah punya anak atau yang nambah anak,” terangnya.(dhi)

Berita Terbaru