oleh

Kecamatan Karawaci Kembangkan Eco Office

Kabar6—Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan berpartisipasi dalam penyelamatan lingkungan, Kantor Kecamatan Karawaci melakukan terobosan dengan mengembangkan eco office atau kantor peduli lingkungan.

Kantor yang berada di jalan Proklamasi itu menerapkan sistem manajemen lingkungan dalam upaya menciptakan lingkungan kerja kantor bersih dan nyaman yang melibatkan seluruh aktivitas individu yang berada di dalam kantor.

Camat Karawaci, Kiki Wibawa mengatakan konsep  eco office ini merupakan bentuk kepedulian aparatur dalam mewujudkan kantor yang berwawasan lingkungan.
Tujuannya adalah menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman serta menyehatkan serta mewujudkan terlaksananya pemerintahan yang selalu memperhatikan masalah lingkungan dalam segala hal kegiatan (good environmental governance)

“Dalam konsep ini juga dibangun eco park yaitu taman dengan pengelolaan yang ramah lingkungan dan berfungsi sebagai media pendidikan lingkungan bagi masyarakat. Berbagai tumbuhan obat dipelihara dengan baik. Ini merupakan apotek hidup yang bermanfaat bagi kesehatan,” kata Kiki sambil menunjukan tanaman yang ada di eco park.

Dia menambahkan, eco park ini juga dilengkapi dengan bank sampah, lubang-lubang biopori dan sarana lainnya yang turut mendukung lingkungan lebih asri dan nyaman.

Menurutnya, untuk berpartisipasi dalam penyelamatan lingkungan tidak perlu dengan kegiatan yang memerlukan tenaga, waktu dan biaya yang besar tetapi cukup dengan kegiatan yang dianggap sepele tetapi perannya dalam penyelamatan lingkungan sangat berarti seperti dengan menerapkan prinsip eco office dalam kegiatan sehari-hari.

“Untuk menunjang kantor berbasis lingkungan, kita sudah punya IPAL, jadi air limbah yang ada diolah dan dimanfaatkan untuk air bersih. Bahan bakarnya menggunakan solar sell (listrik tenaga surya) berkekuatan 250 watt. Ini jelas sangat hemat pembiayaannya dan mudah,” ujarnya.

Atas terobosan itu, Kecamatan Karawaci kini sering mendapat kunjungan dari berbagai daerah. Dihalaman kantor terdapat banyak sekali tanaman dan dibelakang kantor ada pemanfaatan lingkungan. Disetiap dinding juga terdapat ajakan-ajakan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Kedepan kita akan menggagas kalau masyarakat yang datang ke Kecamatan Karawaci tidak boleh membawa kendaraan selama 1 hari dalam seminggu. Sebagai gantinya kiita sudah menyiapkan parkir sepeda,” ujarnya.

Penerapan konsep Eco office itu juga diapresiasi walikota Tangerang, H. Arief R Wismansyah. Walikota turut berbangga dan berharap kecamatan lain melihat Karawaci.

Penerapan kantor yang berwawasan lingkungan merupakan satu langkah yang harus dilakukan mengingat aktivitas yang dilakukan umumnya dihabiskan di kantor. Selain berwawasan lingkungan, konsep eco office akan mengurangi emisi karbondioksida dan jejak ekologi dari kantor-kantor.

“Saya berharap eco park ini dapat diikuti oleh kantor Kecamatan dan Kelurahan lainnya,” ujarnya seraya memberikan apresiasi terhadap langkah para aparatur kantor Kecamatan Karawaci yang telah membangun eco park sehingga nantinya dapat mendukung terwujudnya pelaksanaan eco office.

Walikota juga berharap agar penataan kantor yang berwawasan lingkungan hendaknya harus diikuti oleh penataan lingkungan di wilayahnya. Hal ini seiring dengan rencana program Pemerintah Kota Tangerang yang akan melaksanakan pembangunan berbasis wilayah.

Dimana perlu dilakukan sinergitas antara kelurahan, kecamatan dengan SKPD. Oleh karenanya seluruh aparatur di wilayah dapat selalu membangun komunikasi dengan masyarakat untuk selalu bersama-sama mewujudkan penataan wilayah yang baik.(ADV)

 

**Baca juga: Walikota Perintahkan Lurah & Camat Tindak Truk Tanah.

Berita Terbaru