oleh

Kebutuhan Tinggi, Budidaya Ikan Air Tawar Digenjot

Kabar6-Budidaya ikan air tawar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Tangerang mulai digenjot.

Dengan cara memberikan vitamin dan obat-obatan yang mendukung pertumbuhan dan kesehatan ikan kepada ratusan orang pembudidaya ikan air tawar, Sabtu, (6/7/2019)

Sugih Surta Galih, Kasie Teknologi Produksi dan Usaha Budidaya Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tangerang mengatakan, bahwa ada sekitar 240an pembudidaya ikan yang terdaftar, dan dari puluhan kelompok tersebut paling banyak membudidayakan ikan lele.

“Saat ini ada sekitar kurang lebih 240 pembudidaya ikan air tawar yang aktif di Kabupaten Tangerang ini yah dari 29 Kecamatan yang ada,’’ ujarnya.

Mengingat kebutuhan ikan lele di Kabupaten Tangerang, lanjutnya, adalah 20 ton perhari maka Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tangerang pun memberikan secara gratis vitamin dan obat-obatan untuk mendukung pertumbuhan ikan kepada para pembudidaya.

**Baca juga: Serentak, PCNU Pandeglang Lantik Sembilan Lembaganya.

“Jadi ini kita berikan secara gratis yah sebagai bentuk dukungan kita juga kepada masyarakat dan juga untuk menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Tangerang. Karena kan tadi kebutuhan ikan lele di Kabupaten Tangerang cukup banyak,” ujarnya.

Sugih menambahkan vitamin yang diberikan diantaranya adalah antibiotik, probiotik, vitamin C, dan obat-obatan lainnya untuk mengantisipasi kejernihan air.

“Tapi mengingat sekarang ini mamasuki musim kemarau jadi kita mengantisipasi kekurangan air. Paling hanya kita kasih arahan kepada pembudidaya agar membuat sumur agar bisa terus mengairi,” tandasnya.(Vee)

Berita Terbaru