oleh

Kebiasaan yang Bikin Tubuh Gemuk

Kabar6-Mungin tanpa disadari, Anda sering melakukan kebiasaan yang merugikan kesehatan, salah satunya membuat tubuh menjadi gemuk.

 

Sebenarnya, apa sih pemicu berat badan membengkak?

 

1. Kebiasaan men-charge ponsel dekat tempat tidur

Menurut hasil studi dari Manchester University, gelombang pendek yang menghasilkan warna biru redup saat baterai ponsel sedang diisi, dapat membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak, sehingga mengacaukan sistem pada tubuh.

 

Padahal tubuh memerlukan suasana gelap sehingga menghasilkan zat melatonin yang berfungsi agar energi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

 

Jadi jika Anda kurang tidur, nafsu makan akan bertambah dan kita akan cepat merasa lapar pada malam hari.

 

2. Menonton televisi dalam jangka lama.

Kebiasaan ini membuat tubuh jarang bergerak, dan dipercaya dapat membuat seseorang tidak dapat merasakan kenyang. Karena itulah tanda disadari orang menonton televisi kadang sambil mengemil dalam jumlah banyak.

 

3. Jarang sarapan

Kebiasaan ini akan membuat tubuh Anda merasa sangat lapar dan lemah pada siang hari. Alhasil nafsu makan pun meningkat, dan Anda akan mengonsumsi makanan dalam porsi besar.

 

4. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih akan membuat tubuh merasa lemas. Biasanya, hal ini akan dikaitkan dengan lapar. Alhasil, bukannya minum air putih, tapi orang cenderung akan makan.

 

5. Makan dengan tempo cepat

Saat kita makan cepat, otak akan telat merespon rasa kenyang. Oleh sebab itu kita akan makan lebih banyak karena kita merasa belum kenyang. ** Baca juga: Cepat Lelah? Hindari Konsumsi Ini

 

Menurut penelitian, otak membutuhkan waktu 20 menit untuk merespon makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga kita dapat merasakan kenyang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru