oleh

Kebiasaan Makan Terlalu Kenyang Tidak Baik untuk Kesehatan

Kabar6-Saat perut terasa sangat lapar, terlebih bila melewatkan waktu sarapan sekaligus makan siang, biasanya Anda akan ‘balas dendam’ dengan makan dalam porsi besar atau banyak, hingga kekenyangan.

Padahal makan terlalu kenyang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, makan berlebihan juga menyebabkan masalah fisik dan emosional seseorang. Melansir CNN Indonesia, kebiasaan makan berlebihan akan menumpuk lemak dalam tubuh. Jika Anda termasuk orang yang malas bergerak, tentu saja kegemukan ini bisa meyebabkan obesitas.

Pola makan berlebihan juga menyebabkan masalah kesehatan, termasuk jantung dan kolesterol. Kemudian, kebiasaan makan berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan masalah bau mulut.

Namun sebenarnya, bau mulut bukanlah hal yang umum terjadi, hanya saja dalam kasus tertentu ada saja orang yang punya kecenderungan untuk punya masalah bau mulut setelah terlalu banyak makan.

Hal lain, ahli kesehatan mengatakan bahwa kebiasaan makan berlebihan bisa menyebabkan malfungsi organ. Beberapa organ misalnya organ pencernaan, liver, dan ginjal bisa saja stres dan akhirnya tak berfungsi dengan baik.

Kebiasaan makan terlalu kenyang atau berlebihan akan menyebabkan banyak masalah pada saluran pencernaan. Termasuk juga bisa membuat perut jadi sakit dan bergas. Selain itu akan menyebabkan asam lambung naik dan perut kembung. ** Baca juga: Hindari Kebiasaan Sepele yang Bisa Bikin Area Mata Cepat Keriput

Jadi, makanlah dalam porsi wajar, dan berhenti makan sebelum kenyang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru