oleh

Kebiasaan Harian yang Bisa Picu Penyakit

Kabar6-Penyakit bisa timbul karena tertular dari orang yang sakit, atau karena daya tahan tubuh yang sedang menurun. Ternyata selain itu, ada hal yang sering tidak kita sadari dan menjadi kebiasaan sehari-hari yang bisa juga menimbulkan masalah kesehatan.

Apa saja kebiasaan harian yang bisa picu penyakit? Melansir worldofbuzz ini empat kebiasaan yang dimaksud:

1. Minum dari botol atau mug plastik
Penelitian dari Universitas New York menemukan, 93 persen sample air yang diambil dari botol minum terbuat dari plastik terkontaminasi mikroplastik.

Botol minum yang terbuat dari Bisphenol A (BPA) dapat membahayakan kesehatan tubuh, mulai menurunkan kesuburan, mempengaruhi perkembangan genital dan meningkatkan risiko obesitas.

Terlebih, pengguna yang memiliki kebiasaan jarang atau tidak mencuci botol minumnya. Artinya, banyak bakteri penyebab penyakit yang menumpuk di dalamnya.

2. Berada dalam ruangan terlalu lama
Bekerja di dalam ruangan selama sembilan jam atau menghabiskan waktu dalam rumah tanpa terkena sinar matahari atau udara luar tidak baik bagi kesehatan. Tubuh yang kurang terpapar sinar matahari tidak dapat mengkalibrasi tubuh, sehingga menyebabkan gangguan nafsu makan dan siklus tidur.

Kondisi ini bisa menyebabkan depresi karena sinar matahari memiliki fungsi meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

3. Menatap ponsel terlalu lama
Kebiasaan terlalu sering menatap layar ponsel bisa meningkatkan kecemasan dan depresi, karena kebiasaan itu bisa mengganggu otak manusia. Beri setidaknya waktu 24 jam dalam seminggu tidak menatap layar ponsel demi menjaga kesehatan tubuh dan otak.

4. Konsumsi makanan dalam styrofoam atau plastik
Ada banyak penjual makanan menggunakan styrofoam atau kemasan plastik lainnya. Padahal bahan kimia styrofoam sangat berbahaya yang diklasifikasikan sebagai karsinogen.

Wadah makanan yang memiliki lapisan kimia seperti styrofoam mengandung senyawa-senyawa berfluorinasi yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, penurunan kesuburan dan risiko kanker. ** Baca juga: Warna Mata Ungkapkan Tentang Diri Anda

Tinggalkan kebiasaan yang merugikan kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru