oleh

Kebiasaan Harian yang Bisa Bikin Kulit Kusam

Kabar6-Setiap orang, terutama kaum wanita, pasti ingin memiliki kulit yang sehat, cerah, sekaligus mulus. Karena itulah, tidak sedikit orang yang rela menguras dompet entah itu untuk ke dokter kulit atau memberi produk perawatan.

Sayangnya, ada sejumlah kebiasaan yang ternyata bisa membuat kulit menjadi kusam. Melansir Popbela, ini lima kebiasaan sehari-hari yang dimaksud:

1. Sering terkena sinar matahari dan polusi
Sinar matahari dan polusi jadi penyebab utama kulit wajah terlihat kusam. Terlebih, jika Anda tidak pernah menggunakan tabir surya.

Jadi, pastikan Anda selalu mengawali perawatan wajah dengan menggunakan sunscreen untuk menangkal pengaruh buruk sinar matahari.

2. Tidak memiliki waktu tidur yang cukup
Banyaknya aktivitas terkadang membuat waktu tidur jadi berkurang. Padahal, waktu tidur memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan dan kecantikan.

Ketika tubuh kurang beristirahat, regenerasi sel pun jadi terhambat. Inilah yang menyebabkan wajah jadi terlihat kusam.

3. Sering mengalami stres
Jika Anda telah melakukan berbagai perawatan dengan berbagai macam produk, mungkin masalahnya bukan dari luar atau dalam tubuh, tapi dari apa yang ada di pikiran.

Stres yang Anda alami bisa meningkatkan kortisol sehingga mempengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat perbaikan kulit.

4. Tubuh kurang ternutrisi
Ketika tubuh tidak ternutrisi dengan baik, kulit wajah pun akan terlihat kusam dan tidak sehat. Jadi, jika Anda menginginkan wajah yang cerah dan bersinar, batasi konsumsi garam dan makanan yang digoreng.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak zat antioksidan. ** Baca juga: 7 Sinyal yang Tunjukkan Anda Perlu Segera Minum Air Putih

5. Tidak bersihkan wajah sebelum tidur
Tidur dengan make-up dan kotoran yang menempel di wajah tidak hanya akan membuat wajah terlihat kusam, tapi juga menyebabkan jerawat dan menimbulkan penuaan dini.

Kebiasaan harian yang tepat akan membuat kulit sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru