oleh

Kebiasaan Buruk yang Bikin Payudara Kendur

Kabar6-Struktur anatomi payudara wanita tidak sesederhana penampilannya. Organ tubuh yang menjadi salah satu daya tarik wanita ini, memiliki peran dalam aktivitas seksual sekaligus berfungsi sebagai sarana memberikan air susu ibu (ASI) untuk bayi.

Ada sejumlah hal yang menyebabkan payudara tampak ‘turun’ atau kendur, salah satunya karena bertambahnya usia akibat elastisitas kolagen, yaitu suatu jaringan ikat yang berada di bawah kulit, hilang. Selain itu, payudara yang kendur juga dapat disebabkan oleh faktor genetika.

Sebuah penelitian baru di Amerika, melansir Womenshealthmag, menemukan bahwa ternyata jaringan payudara menua 2-3 tahun lebih cepat dibandingkan dengan sisa tubuh Anda. Nah, apa saja kebiasaan buruk yang dapat mempercepat proses pengenduran payudara?

1. Diet yang sangat ketat
Mengalami penurunan dan peningkatan berat badan sebanyak 2,5-5 kg berulangkali mungkin tidak akan terlalu berpengaruh pada payudara Anda. Namun bagaimana bila Anda mengalami penurunan dan peningkatan berat badan hingga 15 kg? Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa setiapkali Anda mengalami peningkatan atau penurunan berat badan, maka jaringan payudara Anda akan menjadi lebih kendur.

2. Merokok
Berapa pun banyaknya rokok yang Anda hisap, hal itu dapat menyebabkan kulit menjadi lebih lemah dan lebih tua dengan cara menurunkan suplai darah pada permukaan kulit tersebut.

3. Tidak gunakan tabir surya
Paparan sinar UV pada kulit yang tidak dilindungi oleh tabir surya dapat menyebabkan terbentuknya kerutan prematur. Hal ini juga berlaku bagi kulit payudara Anda. Paparan sinar UV dapat membuat payudara Anda menjadi lebih kendur karena menyebabkan kerusakan jaringan kolagen dan kulit pada payudara.

4. Gunakan jenis bra yang salah
Tidak menggunakan bra yang tepat merupakan salah satu penyebab utama mengapa payudara menjadi kendur. Selain itu, semakin banyak payudara Anda bergerak naik turun, maka tekanan pada kulit dan jaringan kolagen pada payudara Anda pun akan semakin meningkat.

5. Olahraga tertentu
Meskipun masih sedikit penelitian yang meneliti mengenai apa sebenarnya efek olahraga pada payudara wanita, beberapa orang ahli mengatakan bahwa olahraga yang membuat payudara terus bergerak naik turun misalnya saat Anda berlari dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kolagen di payudara. ** Baca juga: Studi Sebutkan, Banyak Wanita Pilih Pria Berjenggot untuk Jadi Pasangan Hidup Karena Lebih Setia

Hindari sejumlah kebiasaan buruk yang membuat penampilan ‘aset’ Anda menjadi tidak menarik lagi, Ladies.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru