oleh

Kebiasaan Buruk yang Bikin Anda Ingin Konsumsi Junk Food

Kabar6-Junk food adalah jenis makanan yang tinggi kandungan gula, lemak, garam, dan minyak. Kombinasi inilah, ditambah dengan wangi makanan dan berbagai paduan rasa lainnya, yang membuat makanan terasa nikmat menggoyang lidah.

Kemudian, saraf lidah langsung mengirim sinyal untuk merangsang otak memproduksi hormon bahagia dopamin dalam jumlah tinggi. Karena itulah, seringkali kita ketagihan makan junk food. Melansir Womenshealthmag, ada sejumlah ke biasaan buruk yang bikin Anda ingin konsumsi junk food. Apa sajakah itu?

1. Makan tidak teratur
Orang yang sering melewatkan waktu makan atau makan tidak teratur merupakan kelompok orang yang cenderung memiliki kadar gula darah rendah, yang meningkatkan keinginan tidak tertahankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk memperoleh energi dalam waktu singkat.

Saat Anda melewatkan waktu makan dan kadar gula darah menurun, maka tubuh pun akan ‘mendesak’ Anda untuk mengonsumsi berbagai jenis karbohidrat olahan yang dapat memberikan Anda energi dalam waktu singkat. Namun hal ini hanya akan membuat Anda kembali merasa lapar dalam waktu singkat.

Untuk mencegah hal ini, konsumsilah berbagai jenis makanan yang mengandung protein, gandum, sayur, dan lemak sehat setiap lima jam atau lebih. Makanan dengan kandungan ini lebih sulit dicerna dan membuat kadar gula darah Anda tetap stabil, sehingga Anda pun merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi camilan sehat di antara waktu makan bila diperlukan.

2. Selalu kelelahan
Rasa lelah akibat kurang tidur dan padatnya aktivitas harian dapat membuat tekad Anda untuk berdiet pun menurun. Kurang tidur dapat membuat Anda lebih ingin mengonsumsi berbagai jenis makanan tidak sehat.

3. Bepergian saat stres
Jika Anda sedang mengalami stress akibat pekerjaan atau sedang memiliki masalah lainnya, maka Anda pun lebih berisiko untuk ingin mengonsumsi berbagai jenis makanan tidak sehat. Ketimbang mengikuti emosi, akan lebih baik bila Anda mengatasi stres dengan latihan pernapasan, mendengarkan musik, berolahraga, dan lain sebagainya.

4. Marah
Banyak orang dewasa mengonsumsi berbagai jenis junk food sebagai salah satu cara untuk melampiaskan kemarahannya. Untuk mengatasi keinginan mendesak yang Anda rasakan, cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda selama 5-10 menit dengan melakukan berbagai hal lain.

5. Membeli junk food
Selain harus memiliki tekad yang kuat, dukungan dari lingkungan sekitar juga diperlukan agar diet sukses. Jadi, pastikan tidak pergi ke berbagai tempat yang dapat membuat Anda tergoda untuk membeli atau mengonsumsi junk food. ** Baca juga: Kenali 4 Jenis Pasangan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Secara Bersamaan

Yuk, mulai membiasakan diri mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting untuk tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru