oleh

Kebiasaan Bermalas-malasan Bikin Otak Jadi Susut

Kabar6-Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Boston University School of Medicine in Massachussetts, menemukan bahwa kurangnya aktivitas fisik di usia muda akan mengakibatkan penyusutan otak pada 20 tahun kemudian.

Aktivitas fisik, khususnya olahraga memang harus dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh Anda. Dikutip dari Wartakesehatan, manfaat olahraga bukan hanya akan dirasakan saat ini, tetapi juga kelak saat Anda sudah berusia lanjut. Selain bermanfaat untuk kesehatan jasmani, aktivitas fisik juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan psikologis.

Disebutkan, tetap aktif akan menjauhkan Anda dari risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, dan demensia. Selain itu juga dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu Anda terbebas dari berbagai jenis kanker.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neuorology, menambahkan manfaat dari aktivitas fisik yaitu menjaga ukuran otak di usia lanjut nanti. Penelitian yang melibatkan 1.583 partisipan tersebut membuktikan bahwa seseorang yang malas atau tidak melakukan aktivitas fisik dengan cukup, akan mengalami penyusutan volume otak di usia senjanya. ** Baca juga: Mana yang Lebih Disarankan, Sabun Cair Atau Batangan?

Penyustan volume otak erat kaitannya dengan risiko penyakit demensia dan alzheimer. Jadi hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya mulailah melakukan aktivitas fisik dari sekarang, sehingga kualitas hidup Anda di usia tua nanti akan tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru