oleh

Keberadaan Industri di Banten Tak Mendulang PAD

Kabar6-Keberadaan perusahaan-perusahaan di Provinsi Banten, ternyata tidak memberikan dampak bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam upaya ikut serta membangun Banten.

Keberadaan perusahaan tersebut masih hanya sebatas numpang produksi, tanpa ada payung hukum yang mengatur perusahaan berperan serta dalam PAD di Banten.

Provinsi Banten hanya menjadi tempat ekploitasi oleh pihak perusahaan daerah tanpa ada income pajak dari setiap hasil produksi yang dihasilkan.

Padahal, dampak negatif yang ditimbulkan mulai dari pencemaran lingkungan, jalan berlubang, polusi udara dan masih banyak lagi dampak lainnya yang ditimbulkan dari setiap proses produksi oleh perusahaan di Banten.

Demikian hal itu dikatakan akedemisi Untirta, Suaeb Amirudin, sampai saat ini belum ada regulasi yang mengatur agar Provinsi Banten juga memperoleh pajak dari hasil produksi yang dilakukan oleh perusahaan yang ada di Banten.

Kata Suaeb, Provinsi Banten hanya kedapatan sebagai daerah tempat berdirinya ribuan perusahaan yang ada, tanpa ada sepeserpun income yang didapat oleh daerah.

**Baca juga: Pengangguran di Banten Tinggi, Muhlis: Pengentasan Tak Berjalan Linear.

“Kita (Banten,red) sebagai tuan rumah, tidak dapat apa-apa,” katanya, Rabu (2/10/2019).

Untuk itu, pihaknya mengajak kepada pihak terkait untuk memikirkan masalah tersebut, melihat damoak yang ditimbulkan dari keberadaan perusahaan tersebut cukup dirasakan kondisinya saat ini bagi daerah.(Den)

Berita Terbaru