oleh

Keajaiban, Sebuah Pohon Pinus Tetap Kokoh Berdiri Saat Jepang Dilanda Tsunami

Kabar6-Sebuah keajaiban terjadi pada sebuah pohon pinus yang masih berdiri kokoh di antara 70 ribu pohon pinus lain di sepanjang pantai Kota Rikuzentakata, Jepang, saat terjadi tsunami hebat.

Pohon yang telah berusia lebih dari 250 tahun itu, melansir theguardian, menjadi simbol harapan setelah peristiwa tsunami yang terjadi pada Maret 2011 di Kota Rikuzentakata. Pohon pinus ajaib tersebut dengan cepat menjadi ikon harapan dalam kehancuran, di mana sekira 80 persen rumah di Rikuzentakata hilang di perairan.

Sayangnya, meskipun pohon yang memiliki tinggi hampir 90 kaki tadi bertahan melalui banjir, ia tidak dapat bertahan hidup setelah akarnya terkena air garam. Dan 18 bulan setelah peristiwa tsunami, pohon pinus tersebut mati.

Hingga pada 2013, para ahli mengawetkan pohon itu dalam kondisi mirip seperti aslinya, dan mengembalikannya secara permanen ke pantai. Kerangka logam dimasukkan ke batang pohon dengan menambahkan cabang dan daun replika dari bahan sintetis. ** Baca juga: Di Balik Kulitnya yang Cantik, 5 Ular Ini Punya Racun Sangat Mematikan

Penghargaan untuk pohon yang jadi ikon ‘harapan dalam kehancuran’.(ilj/bbs)

Berita Terbaru