oleh

Kawasan Banten Lama Akan Ditata Ulang

Kabar6-Disbudpar Provinsi Banten akan memfasilitasi keluarga Kesultanan Banten dengan instansi terkait untuk penataan ulang kawasan Banten Lama.

 

Menurut Kepala Disbudpar Provinsi Banten, Ali Fadillah, kawasan bersejarah Kesultanan Banten yang berlokasi di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, akan ditata ulang keberadaannya.

 

“Disbudpar sebagai bagian dari Pemprov Banten tentunya memfasilitasi stakeholder, keluarga kesultanan dan instansi terkait lainnya untuk melakukan pembahasan mengenai rencana (penataan ulang kawasan Banten Lama) ini,” ujarnya, Selasa (26/5/2015).

 

Masih kata Ali Fadillah, proses penataan kawasan Banten Lama tak akan memakan waktu lama karena blue print sudah ada, Pergub sudah siap, termasuk kelembagaan dan regulasi dalam mengelola Banten Lama agar lebih baik lagi sudah ada.

 

“Sehingga Banten Lama bisa maju dan bisa mengembalikan kejayaan Banten seperti dahulu kala,” tegasnya. ** Baca juga: Jalur Laut Menjadi Lalu Lintas Peredaran Narkoba di Banten

 

Harapan senada dilontarkan oleh Ketua Kenadziran Banten Lama, Ismetullah Al-Abbas, yang meminta agar Pemprov Banten dapat mengelola Banten Lama menjadi lebih baik lagi.

 

“Yang disepakati dirapat kemarin hanya penataan ulang Banten Lama. Pemerintah harus netral dan memperhatikan beberapa unsur yang berada di Banten Lama, seperti pedagang, keluarga dan pengelola yang sudah ada di Banten Lama,” tegasnya.

 

Sementara salah satu keturunan Kesultanan Banten, Abas Waseh, mengatakan bahwa keluarga Kesultanan Banten lainnya yang dituakan oleh masyarakat Banten siap membantu Pemprov Banten untuk mewujudkan penataan kawasan Banten Lama.

 

“Ini mudah-mudahan menjadi titik awal kebangkitan Provinsi Banten,” tegasnya.

 

Abas berpendapat, meskipun pengelolaan Banten Lama dilaksanakan oleh Pemprov Banten, hal itu tidak akan mengurangi peran kenadziran Banten dalam hal apa pun.

 

“Ga ada kekhawatiran peran Kesultanan Banten (dikurangi). Karena itu kan berdiri di tempat yang sama tapi berbeda dalam tugas, ada porsinya masing-masing untuk menata Kesultanan Banten,” tegasnya.(tmn/din)

Berita Terbaru