Kasus Pemukulan PPDP, Polres Tangsel Koordinasi Dengan KPU Tangerang

kabar6.com
Teguh Gunawan, Ketua RT Kelurahan Binong saat mendapatkan penanganan medis di RS Siloam Tangerang.(ist)

Kabar6-Petugas Polres Tangerang Selatan (Tangsel) segera berkoordinasi dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang.

Hal itu guna mengcek status Teguh Gunawan (54), sebagai Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Pilkada Serentak 2018.

“Ya, kami akan berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Tangerang, terkait status korban sebagai PPDP. Karena untuk melakukan pemutakhiran data pemilih tidak sembarangan, dimana pengangkatan PPDP memerlukan SK Ketua KPUD dan harus menjalani pelatihan dan dibekali buku petunjuk,” ujar Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Ahmad Alexander Yurikho, kepada kabar6.com, Senin (5/2/2018).

Alexander menambahkan, selain berkoordinasi dengan KPU, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tangerang dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Curug.

“Langkah ini adalah untuk mengidentifikasi, apakah ada kemungkinan pelanggaran dalam penunjukan korban sebagai PPDP,” ujar Alexander lagi.

Ditegaskan Alexander, pascakejadian pemukulan terhadap Teguh Gunawan, pihak Polres Tangsel langsung menangani kasus tersebut. Dan, terhitung sejak Sabtu (3/2/2018) lalu, pihaknya sudah mengamankan pelaku.

Sementara, anggota KPU Kabupaten Tangerang dari Divisi Program dan Data, Mahmud Iqbal Syam SE, yang dikonfirmasi kabar6.com sebelumnya memebenarkan bila adalah anggota dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Pilkada 2018.

“Kami (KPU Kabupaten Tangerang-red) akan memberikan bantuan hukum, dengan menyiapkan pengacara untuk mendampingi korban menempuh jalur hukum,” ujar Anggota KPU Kabupaten Tangerang dari divisi Program dan Data, Mahmud Iqbal Syam SE, saat dihubungi kabar6.com, pada Sabtu (3/2/2018) lalu.

Selain itu, KPU juga akan membantu biaya pengobatan Terguh Gunawan selama Operasi dan perawatan di Rumah Sakit. “Ya, biaya di RS sekitar 24juta, itu perawatan dan Operasi, kami akan usahakan biaya tersebut,” terangnya.**Baca juga: Anggota PPDP Dipukul Saat Bertugas, Begini Langkah KPU Kabupaten Tangerang.

Ali menambahkan, bila pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Banten, terkait kejadian yang menimpa korban.**Baca juga: Hidung Ketua RT di Curug Patah Dihajar Warganya.

“Karena Korban belum ada asuransinya, maka untuk biaya perawatan dan Operasi kita akan koordinasikan dengan KPU Banten,” pungkasnya.(BL/Bam)