oleh

Kasihan, Wanita Malaysia yang Positif COVID-19 Terpaksa Melahirkan Seorang Diri dalam Ruang Isolasi

Kabar6-Malang benar nasib seorang wanita di Johor, Malaysia, ini. Bagaimana tidak, wanita yang saat itu tengah dalam kondisi hamil sekaligus positif COVID-19 ini, terpaksa melahirkan seorang diri dalam ruang isolasi karena tak ada yang membantunya.

Dinas Kesehatan Negara Bagian Johor (JKNJ) tengah menyelidiki kasus tersebut setelah kisahnya menjadi viral di Facebook. Menurut laporan, melansir Worldofbuzz, wanita berumur 36 tahun yang tak disebutkan namanya itu terpaksa melahirkan sendiri setelah permintaan tolongnya ke staf rumah sakit diabaikan.

Kepala JKNJ bernama Aman dalam pernyataan mengungkapkan, dinas akan melakukan penyelidikan lebih rinci atas insiden tersebut, serta mengambil tindakan yang diperlukan. Pasien tersebut diketahui memiliki usia kehamilan 39 minggu.

“Pasien tiba di ruang pemeriksaan pada 23 Juli pukul 05.33 karena mengalami tanda-tanda awal persalinan. Dia kontak dekat dengan suaminya yang positif COVID-19. Pasien diperiksa oleh petugas medis dan dia dalam tahap awal persalinan (pembukaan 3cm) lalu dimasukkan ke ruang isolasi pada pukul 10.18 sambil menunggu hasil tes COVID-19. Pasien lalu ditempatkan di ruang bersalin dengan pintu kamar tertutup karena dinyatakan positif COVID-19 dan ruangannya cukup jauh dari tempat perawat,” jelas Aman.

Petugas medis dan perawat mengenakan APD dan terakhir memeriksanya pukul 16.26. Mereka memutuskan untuk melakukan prosedur operasi cesar karena pasien dinyatakan positif COVID-19. ** Baca juga: Tidak Merasa Hamil, Seorang Wanita di Selandia Baru Terkejut Karena Dirinya Tiba-tiba Melahirkan

Namun wanita itu  melahirkan lebih dulu sebelum tindakan operasi, yakni enam jam dari perkiraan semula. “Pasien melahirkan sendirian dan bayinya ditemukan di tempat tidur,” kata Aman.(ilj/bbs)

Berita Terbaru