oleh

Karbohidrat Itu Penting Juga Lho

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Seperti vitamin dan mineral, karbohidrat penting sebagai sumber utama energi. Jumlah karbohidrat yang tidak memadai akan berakibat pada terjadinya kerusakan jaringan otot, kelelahan, dan kekuatan otak akan berkurang.

Karbohidrat adalah makronutrisi yang kita butuhkan dalam jumlah besar. Menurut Dietary Reference Intakes yang diterbitkan oleh USDA, dikutip dari artikeltentangkesehatan.com, disebutkan bahwa 45 persen hingga 65 persen kalori harus berasal dari karbohidrat.

Nah berikut adalah alasan mengapa karbohidrat diperlukan dalam jumlah seperti ini:

1. Karbohidrat merupakan sumber utama bahan bakar bagi tubuh.
2. Karbohidrat adalah energi yang mudah digunakan oleh tubuh.
3. Semua jaringan dan sel-sel dalam tubuh dapat menggunakan glukosa sebagai energi.
4. Karbohidrat diperlukan untuk sistem saraf pusat, ginjal, otak, otot-otot (termasuk jantung) agar berfungsi dengan baik.
5. Kelebihan karbohidrat dapat disimpan dalam otot dan hati dan kemudian digunakan setelah diubah menjadi glikogen.
6. Karbohidrat penting untuk kesehatan usus dan pembersihan limbah.

Karbohidrat terutama banyak terdapat dalam makanan bertepung (seperti gandum dan kentang), buah-buahan, susu, dan yoghurt. Makanan lain seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian mengandung karbohidrat tapi dalam jumlah yang lebih kecil.

Setiap gram karbohidrat yang kita konsumsi mengandung sekitar empat kalori. Ketika kita mengkonsumsi karbohidrat, enzim amilase akan mengubahnya menjadi glukosa, bahan bakar utama yang digunakan tubuh untuk daya semua aktivitas selular.

Karena itulah jika Anda membatasi konsumsi karbohidrat, akan mengalami efek samping yaitu tubuh mencoba untuk beradaptasi dan melengkapi kekurangan bahan bakar secara tiba-tiba.

Akibatnya mungkin Anda akan mengalami perubahan suasana hati, mual, pusing, lemah, dan depresi. ** Baca juga: Jangan Ditahan Jika Ingin BAB

Jangan lupa untuk memperhatikan asupan karbohidrat agar kesehatan tubuh tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru