oleh

Kapolsek Ciputat: Kematian Sudiro Murni Gantung Diri

Kabar6-Kapolsek Metro Ciputat, Komisaris (Pol) Alip, memastikan bahwa kematian Sudiro Andi Wiguno, selaku Presiden Direktur PT. Dayaindo Resourches International, Tbk, murni bunuh diri.

Wakil Bendahara Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu ditemukan tewas gantung diri dirumahnya di Perumahan Menteng Residence Blok F C VIII No. 1 RT 004/012, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Rabu (23/1/2013) lalu.

“Meninggalnya akibat bunuh diri dengan cara menggantungkan tali dan menjerat lehernya,” ungkap Alip, menjawab pertanyaan kabar6.com dikediaman Kak Seto di Perumahan Cirendeu Permai, Minggu (27/1/2013).

Kepastian tersebut menurut Alip didasari dari keterangan tim medis yang melakukan autopsi terhadap jasad Sudiro. Hasil pemeriksaan medis melihat pada sekujur tubuh korban tidak ditemui tanda-tanda bekas penganiayaan.

Pihaknya, lanjut Alip, telah mengumpulkan keterangan dari enam orang saksi. Keenam saksi tersebut antara lain, istri, kakak, supir pribadi korban dan kerabat lainnya. Ketika ditanyakan faktor penyebab Sudiro mengakhiri hidupnya dengan cara tragis.

“Untuk sementara belum sampai ke situ (kepastian penyebab gantung diri). Sampai saat ini masih dalam proses penyidikan dan itu hasil autopsi luar. Autopsi dalamnya kita masih menunggu,” tegas Alip.

“Itu hasil autopsi dokter dan kita percaya pada hasil itu. Kalau asumsi tidak bisa dibuktikan,” tambah Alip, menjelaskan berkembangnya pandangan rekan seprofesi korban yang tak percaya Sudiro mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Sebeluumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Pol) Rikwanto, menerangkan dari keterangan salah seorang saksi, sambung Rikwanto, dikatakan bahwa korban mengalami depresi akibat pekerjaannya. 

Perusahannya terancam bangkrut dan meninggalkan hutang dimana-mana. “Dari saksi, korban mengalami depresi karena masalah pekerjaan diperusahaan. Tekanan d pengadilan dan Pailit,” singkat Rikwanto.

Sementara itu, Kepala Unit Reskrim Polsek Ciputat, Ajun Komisaris (AKP) Syamsudin, memaparkan selama ini pihaknya telah memintai keterangan beberapa orang terkait tewasnya Sudiro di tempatnya bekerja.

Sudiro juga merupakan Presiden Direktur PT. Dayaindo Resourches International, Tbk, alamat kantor Graha Mandiri Jl. Imam Bonjol No. 61 lantai 17 dan 27 Menteng, Jakpus dan Titan Centre lantai 10 Jl. Boulevard Raya Blok B1-B7 Sektor 7 Bintaro.(yud)

Berita Terbaru