oleh

Kapolri Perintahkan Siapkan Ruangan Isolasi Sementara Covid-19 di Pelabuhan Merak

Kabar6 – Ruangan isolasi sementara khusus calon penumpang Pelabuhan Merak yang positif covid-19 dan nekat melakukan perjalanan, akan disiapkan.

Calon penumpang itu kemudian akan dilanjutkan ke penanganan medis, oleh tenaga kesehatan (nakes).

Ruang isolasi sementara akan berdiri mulai libur natal 2021 dan pergantian tahun 2022 oleh petugas gabungan.

“Tempat isolasi sementara, apabila ada kedapatan masyarakat yang positif, setelah dilakukan pemeriksaan dengan aplikasi yang ada, kemudian tentunya setelah tempat isolasi akan dibawa ke RS rujukan terdekat ataupun yang sudah di atur,” kata Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (22/12/2021).

Mantan Kapolda Banten itu meminta personil gabungan melaksanakan tugasnya sesuai prosedur yang ada, seperti memeriksa surat negatif covid-19 dan sertifikat vaksin dosis penuh. Sehingga aktifitas masyarakat bisa terus berjalan dan perekonomian nasional bisa terus bangkit.

Pos pelayanan vaksin dan rapid tes antigen juga harus disiapkan, untuk melayani masyarakat yang belum memenuhi syarat perjalanan saat natal dan tahun baru.

**Baca juga: Malam Tahun Baru Mal Buka, Alun-alun Hingga Jalan Protokol di Kota Cilegon Ditutup

Penyebaran covi-19 harus ditekan dan dikendalikan agar tidak terjadi gelombang ke tiga, penularan omicron yang massif hingga perekonomian bisa terus pulih. Terlebih tahun 2022 mendatang menurut Listyo, berbagai gelaran besar akan dilaksanakan, seperti Presidensi G20 di Indonesia.

“Kemudian jika belum (memenuhi syarat perjalanan), kita akan sudah siapkan pos pelayanan, gerai vaksin dan pelayanan swab,” terangnya.(dhi)