oleh

Kapan Sebaiknya Kita Mencuci Tangan?

Kabar6-Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih, bebas bakteri dan kuman.

Pakar kesehatan menyebutkan, ada beberapa aktivitas harian yang sebaiknya segera diakhiri dengan kegiatan mencuci tangan demi menghilangkan berbagai macam bakteri yang berpotensi menyebabkan datangnya penyakit. Melansir doktersehat, ini saat paling dianjurkan untuk mencuci tangan:

1. Sebelum makan
Meskipun kita makan dengan menggunakan sendok atau garpu, tetap saja tangan akan setidaknya menyentuh makanan yang ditelan. Jika tangan kotor atau dipenuhi bakteri, dikhawatirkan akan masuk ke tubuh lewat makanan dan akhirnya ‘mengundang’ datangnya penyakit.

2. Saat memasak atau menyiapkan makanan
Tak hanya saat makan, setelah memasak atau sedang menyiapkan makanan, sebaiknya kita mencuci tangan dengan sabun demi mencegah bakteri masuk ke makanan yang akan dikonsumsi tersebut.

3. Bertemu atau menyentuh orang sakit
Meskipun penyakit yang diderita adalah penyakit ringan seperti flu atau pilek. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun. Apalagi jika kita sempat menyentuh atau bersalaman dengan orang tersebut demi mencegah penularan penyakit.

4. Setelah memakai kamar mandi atau toilet
Toilet dipenuhi dengan bakteri. Apalagi di bagian gagang pintunya yang juga disentuh banyak orang. Pastikan untuk mencuci tangan setelah menggunakannya.

5. Setelah membuang tempat sampah
Sudah menjadi rahasia umum jika sampah dipenuhi oleh kotoran, kuman, dan bibit penyakit. Pastikan untuk mencuci tangan setelah menyentuhnya.

6. Setelah menyentuh hewan
Meskipun hewan yang disentuh adalah yang kita rawat sendiri, pastikan untuk mencuci tangan setelah menyentuhnya demi mencegah paparan bakteri atau bibit penyakit. ** Baca juga: Cara Sehat Masak Ikan Agar Nutrisi Tetap Terjaga

Mencuci tangan penting untuk menjaga kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru