oleh

Kapal Bahuga Jaya Tenggelam DiTabrak Kapal Chargo

Kabar6- Kapal Motor Bahuga Jaya yang berangkat dari Pelabuhan Merak bertabrakan dengan kapal tanker . Akibat tabrakan itu kapal roro tersebut  tenggelam.

Menurut keterangan, KM Bahuga Jaya berangkat dari Pelabuhan Merak sekitar pukul 03.00 WIB membawa 10 kendaraan roda dua, ratusan penumpang , 22 mobil pribadi, 11 pickup, 17 coldiesel dan 18 truk. Informasi kecelakaan diterima pihak ASDP pukul 05.20 WIB.”Posisi kapalnya 4 mil dari Pelabuhan Bakauheni. Sejumlah penumpang KM Bahuga Jaya berhasil diselamatkan. PT ASDP mengerahkan kapal roro untuk mengevakuasi korban yang jaraknya 4 mil dari Pelabuhan Bakauheni.

Petugas gabungan membuka posko di Pelabuhan Merak, Provinsi Banten, guna mendata seluruh korban KM Bahuga Jaya yang tenggelam setelah tabrakan dengan kapal kargo di selat Sunda, Rabu (26/9/2012) subuh. Posko ini spontan diserbu keluarga korban untuk mendapatkan data akurat.

Petugas dengan sabar melayani keluarga penumpang, termasuk memperbaharui data penumpang yang selamat ataupun tewas. Namun hingga Rabu (26/9/2012) siang ini jumlah korban dan selamat maisng simpang siur. Terakhir disebutkan 8 penumpang jadi korban, namun data rincinya belum ada karena masih diteliti ulang petugas di Merak atau pun di Bakauheni.

Sebanyak lima kapal dikerahkan untuk mengevakuasi korban selamat ke Pelabuhan Merak, yakni KMP Mufida sebanyak 15 orang, KMP rajabasa 25 orang, KMP Lindu Karsa 3 orang, KMP Jatra 3 dua orang dan KMP Nusa Agung 28 orang, sedangkan kapal yang dikerahkan mengevakuasi korban ke Pelabuhan Bakauheni adalah, Munic Line 70 orang, Gelius Rawuh 38 orang, Bontang 16 orang, Tag Boat 3 orang, Windu Kasa Prama 3 orang.

Semua korban dibawa ke RS Krakatau Medica Cilegon, Banten, sedangkan di Bakauheni di RS Kalianda Lampunmg Selatan.

Suasana di posko gabungan di Pelabuhan Merak, hingga kini terus dipadati warga dan keluarga korban. Mereka ingin mengetahui apakah keluarganya menjadi penumpang di kapal naas itu.(bbs/sak)

 

Berita Terbaru