oleh

Kantor Pos Desa Hikkim Jadi yang Tertinggi di Dunia

Kabar6-Sebuah kantor pos kecil desa Hikkim yang terletak di Himalaya, India utara, menjadi kantor pos tertinggi di dunia. Tempat ini berada pada ketinggian 4.440 meter, menghubungkan sekelompok desa kecil di wilayah terpencil itu ke seluruh dunia.

Penduduk desa datang untuk mengirim surat atau menyimpan uang di rekening tabungan mereka. Kepala kantor pos bernama Rinchen Chhering, melansir BBC Indonesia, telah mengoperasikan kantor ini sejak didirikan pada 1983 lalu.

Dikatakan, hanya sebagian jalan yang dapat dilewati kendaraan, artinya surat harus dibawa dengan berjalan kaki. Kantor pos sering terpaksa tutup selama musim dingin karena hujan salju yang lebat.

Dua orang petugas pos berjalan kaki pulang dan pergi sepanjang 46 kilometer setiap hari melintasi pegunungan tinggi, dan padang rumput untuk mengirim surat ke Kaza, ibu kota Lembah Spiti, yang terhubung dengan jalan ke kota-kota besar lainnya di negara bagian Himachal Pradesh.

Dari Kaza, surat keluar dikirim dengan bus yang sering harus melewati jalanan gunung yang berbahaya, sementara surat masuk dibawa dengan berjalan kaki ke Hikkim.

Dengan pemandangan memukau dari puncak yang tertutup salju, pendakian yang dilakukan oleh tukang pos setiap hari tetap tak tertandingi oleh rute pos lainnya.

Empat atau lima desa yang dilayani oleh Kantor Pos Hikkim tidak memiliki banyak penduduk, sementara cakupan telepon seluler sangat terbatas, dan internet belum ada.

Salah satu desa tersebut adalah Komic. Pada ketinggian 4.587 meter, desa itu adalah salah satu desa tertinggi di Bumi yang dapat diakses melalui jalan darat. ** Baca juga: Sejumlah Negara yang Tegas Larang Peredaran dan Penggunaan Vape

Wow!(ilj/bbs)

Berita Terbaru