Kangbashi Jadi Kota Hantu Terbesar di Dunia

Salah satu sudut kota Kangbashi.(Citymetric)

Kabar6-Meskipun terlihat sangat modern, tidak ada yang bersedia tinggal di Kangbashi. Kota yang terletak di kawasan Ordos ini berada di tengah-tengah padang pasir Mongolia.

Sekira 10 tahun setelah dibangun, kota yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain seperti stadion olahraga dan perpustakaan tetap tidak dapat menarik perhatian orang untuk menetap di sana.

Karena itulah, dilansir Citymetric, Kangbashi disebut sebagai kota hantu terbesar di Tiongkok. Salah satu penyebab mengapa tidak ada orang yang mau tinggal di Kota Kangbashi adalah karena tingginya pajak yang harus dibayar. Pemerintah pun mencoba menarik orang untuk tinggal di kota ini dengan menawarkan kompensasi dan apartemen gratis bagi petani yang mau tinggal di kota ini.

Selain itu, pemerintah Tiongkok juga memindahkan kantor pemerintahan dari kabupaten yang berjarak 32 km, sehingga para pekerja akan pindah ke Kota Kangbashi agar lebih dekat dengan tempat kerjanya. Beruntung usaha ini membuahkan hasil. Sekarang ada kurang lebih 100 ribu orang yang tinggal di kota tersebut. ** Baca juga: Viral, di Hari yang Sama Ssemanda Asal Uganda Nikahi 3 Wanita Sekaligus

Sayangnya meskipun sudah berpenduduk, Kota Kangbashi ternyata tidak masuk dalam peta Tiongkok. Pemerintah pusat menganggap kota ini masih kurang layak untuk dimasukan ke dalam peta. Pemerintah administrasi Kangbashi pun masih berusaha mengajukan petisi agar kota ini dimasukkan ke dalam peta secara resmi.(ilj/bbs)