oleh

Kancil Langka yang Hilang 30 Tahun Lalu, Ditemukan Kembali di Vietnam

Kabar6-Seekor kancil langka yang sudah dinyatakan hilang selama hampir 30 tahun, ditemukan kembali di hutan Vietnam. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Ecology and Evolution mengungkapkan, spesies ini terakhir kali terlihat pada 1990.

Hewan bernama Tragulus versicolor ini, melansir nationalgeographic, dideskripsikan pada 1910 dengan membandingkan beberapa hewan lain yang ditemukan di dekat Nha Trang, sekira 450 kilometer dari Ho Chi Minh. Namun, karena tidak ada penampakan sejak 1990, para peneliti berasumsi bahwa chevrotain berpunggung perak ini telah punah karena menjadi korban perburuan liar.

Setelah puluhan tahun berlalu, seorang ahli biologi dari Leibniz Institute for Zoo and Wildlife Research bernama An Nguyen, yakin bahwa hewan tersebut masih ada di suatu tempat.

Bersama rekannya, Barney Long dan Andrew Tilker, serta Global Wildlife Conservation, Nguyen bertanya kepada penduduk lokal apakah mereka pernah melihat Tragulus versicolor selama ini.

Beberapa orang mengatakan, mereka cukup sering melihat kancil langka tersebut. Nguyen dan timnya pun segera memasang lebih dari 30 kamera tersembunyi di hutan untuk meyakinkan kebenarannya.

“Hasilnya sangat menakjubkan. Saya sangat senang ketika melihat kamera ternyata ada foto chevrotain berpunggung perak,” ungkap Nguyen. ** Baca juga: Roberto Nevilis Disebut Sebagai Orang yang Pertama Perkenalkan Sistem PR

Dikatakan Tilker, meski chevrotain ini ternyata belum punah, bukan berarti mereka tidak terancam. Hutan-hutan di Asia Tenggara sedang berada di bawah tekanan pertumbuhan dan perkembangan populasi. “Kita harus lebih dulu melakukan konservasi,” kata Tilker.(ilj/bbs)

Berita Terbaru