oleh

Kampanye di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Kubu Paslon Paling Diuntungkan

Kabar6-Skema penyampaian visi dan misi setiap pasangan calon atau paslon saat musim corona virus disease 2019 (Covid-19) bakal dilakukan secara virtual. Kampanye Pilkada 2020 model digital ini dianggap lebih menguntungkan bagi kubu tertentu.

“Yang diuntungkan ya tentu petahana yang memiliki elektabilitas yang sudah memadai,” ungkap Adi Prayitno, pengamat politik asal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Sebenarnya, dijelaskan Adi, semua kandidat paslon merasa dirugikan. Alasan mendasarnya karena mereka tidak akan maksimal terutama untuk berkampanye menyampakan visi misi terhadap masyarakat.

Tetapi kalau dilihat lebih dalam lagi yang paling rugi kandidat-kandidat yang tidak memiliki elektabilitas karena ruang geraknya terbatas. “Gara-gara tidak bisa kampanye secara terbuka itu kan,” jelas Adi.

**baca juga: Alasan Pemkot Tangsel Belum Setujui Pembukaan Kembali Empat Mal ini.

Sementara petahana sudah dikenal. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu bilang, petahana sudah memiliki bekal elektabilitas sekalipun tidak kampanye.

“Dia sudah leading (terkemuka), tapi bagi penantang kalau dia enggak kampenye dari mana elektabilitasnya,” jelas Adi.(yud)

Berita Terbaru