oleh

Kambing dan Anjing Jadi Kandidat dalam Pemilihan Wali Kota di Negara Bagian AS

Kabar6-Jika biasanya para kandidat pemimpin daerah atau kota berasal dari putra terbaik wilayah tersebut, hal berbeda terjadi di sebuah kota kecil negara bagian Vermont, Amerika Serikat (AS).

Sebuah kota kecil Fair Haven, melansir vozwire, menjadikan seekor kambing dan dua ekor anjing sebagai calon wali kota mereka. Diketahui, sejak Maret 2019, Fair Haven memiliki wali kota bernama Lincoln yang merupakan seekor kambing Nubia berusia tiga tahun. Fair Haven sendiri memiliki jabatan yang disebut manajer kota, posisi yang dipegang manusia.

Sementara posisi wali kota adalah hewan peliharaan kehormatan sebagai upaya simbolis mengumpulkan uang untuk menggantikan taman bermain sekolah dasar masyarakat.

“Biaya pendaftaran US$5 untuk mencalonkan hewan peliharaan Anda dalam perlombaan,” kata Joe Gunter, Manajer Kota. “Setiap penduduk Fair Haven dapat memberikan suara untuk memilih wali kota. Kami meminta sumbangan pada hari pemilihan tetapi mereka tidak diharuskan untuk berpartisipasi. Setiap hal kecil membuat kami semakin dekat dengan tujuan kami.”

Seorang penduduk bernama Cheryl Daviau mengatakan, perlombaan ini melibatkan anak-anak dalam proses pemilihan. Cucu perempuannya difoto dengan wali kota kambing dan menyukainya.

Untuk meningkatkan taruhan, tahun ini kepala polisi mencalonkan K-9 Sammy, seekor German Shepherd, yang mengunjungi sekolah-sekolah setempat setiap hari dengan seorang petugas, menghadiri konser di taman dan dicintai di sekitar kota.

Target yang dicapai dari pemilu ini adalah Rp1 miliar. Kepala Kepolisian kota, Bill Humphries, berharap dengan mencalonkan anjing K-9 ke dalam perlombaan akan mengumpulkan lebih banyak dana.

“Lincoln melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Humphries. “Lincoln mewakili komunitas dengan baik, dan kami hanya berpikir itu akan menjadi ide bagus untuk mengatakan, ‘Ayo, calonkan diri untuk satu tahun lagi dan lihat apakah kami dapat menantang Anda.’ ”

Pada 2019, Lincoln memenangkan kursi wali kota dengan hanya tiga suara. Tahun ini, perlombaan mungkin dimenangkan oleh anjing. “Ini kontestasi yang ketat,” kata Gunter. “Setiap kandidat berlomba-lomba untuk setiap swing voters yang bisa mereka peroleh.”

Sementara nominasi ketiga adalah Murfee, Cavalier King Charles Spaniel yang berusia tiga tahun. Dia adalah anjing terapi bersertifikat yang mengunjungi panti jompo, rumah sakit dan Sekolah Dasar Fair Haven, di mana dia membantu memulai program ‘membaca dengan anjing’. ** Baca juga: ‘Paradise Has Many Gates’, Masjid Tembus Pandang di Arab Saudi

“Murfee percaya membaca sangat penting tetapi juga berpikir bermain di luar adalah suatu keharusan,” kata Linda Barker, pemilik dan manajer kampanye Murfee.

“Jika wali kota peliharaan terpilih, dia akan bekerja keras untuk memastikan anak-anak Fair Haven mendapatkan taman bermain terbaik,” ujar Barker dengan nada meyakinkan.

Fair Haven akan menggelar pemilihan sampai 3 Maret 2020 mendatang dengan tiga kandidat berkualitas tadi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru