oleh

Kalimat Terakhir yang Diucapkan 5 Tokoh Dunia Sebelum Wafat

Kabar6-Semua orang akan mengalami kematian, dengan cara yang berbeda-beda, entah karena sakit atau mengalami musibah. Biasanya di saat orang sedang sekarat, ada kalimat terakhir yang diucapkan sesaat sebelum menghembuskan napas terakhir.

Sama halnya, beberapa tokoh dunia ini mengucapkan kalimat terakhir mereka sebelum menemui ajal. Melansir beberapa sumber, ini lima tokoh dunia dan kalimat terakhir mereka:

1. Karl Marx (1818-1883)
Karl Marx lahir 5 Mei 1818, dan meninggal dunia pada 14 Maret 1883 saat berumur 64 tahun. Merupakan seorang filsuf, ekonom, sejarawan, pembuat teori politik, sosiolog, jurnalis dan sosialis revolusioner asal Jerman.

Sebelum meninggal, kalimat terakhir yang diucapkan Karl Marx adalah “Kata-kata terakhir hanya untuk orang bodoh yang belum berkata cukup (semasa hidupnya)”.

2. Walt Disney (1901-1966)
Pria asal Amerika Serikat ini berhasil mewujudkan impian anak-anak dengan membangun taman hiburan terkenal yang dihiasi kastil cantik. Walt Disney lahir di Chicago, Illinois, pada 5 Desember 1901 dengan nama lengkap Walter Elias Disney.

Walt Disney menciptakan berbagai karakter tokoh kartun lucu yang mendunia. Mickey Mouse menjadi masterpiece yang kemudian melambungkan namanya di kalangan masyarakat. Dia begitu berpengaruh besar terhadap dunia hiburan pada abad ke-20.

Disney meninggal dunia pada 15 Desember 1966 di usia 65 tahun karena tumor paru ganas. Ada empat nama yang disebutkan dalam pesan terakhir Walt Disney, yaitu Ron Miller, 2 Way Down Cellar, Kurt (sic) Russell, dan CIA-Mobley.

3. Archimedes
Archimedes dari Syracusa (sekira 287 SM-212 SM) adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyur berbangsa Yunani. Ia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi. Sebelum meninggal, Archimedes sempat berteriak “Menjauhlah, teman, dari diagramku!”

4. Leonardo da Vinci
Leonardo da Vinci merupakan salah satu seniman terbesar yang dikenal dunia. Karya Da Vinci yang paling terkenal adalah The Last Supper (Perjamuan Terakhir) dan Mona Lisa.

Selain sebagai seniman, Da Vinci juga memiliki ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan seperti matematika, teknik, geologi, astronomi, botani atau ilmu tumbuhan, maupun kartografi (pemetaan).

Sebelum meninggal, Da Vinci sempat menyampaikan kata-kata terakhirnya yaitu, “Aku telah menghina Tuhan dan umat manusia karena karyaku tidak bisa mencapai kualitas seperti yang seharusnya.”

5. Nostradamus (1503-1566)
Nostradamus (14 atau 21 Desember 1503-2 Juli 1566) adalah nama Latin dari Michel de Nostredame, merupakan pengarang ramalan ternama dari Prancis. Nostradamus terkenal dengan hasil karyanya berjudul Les Propheties yang terbit untuk pertama kalinya pada 1555. Tetapi buku tersebut menjadi langka sejak kematiannya.

Ia juga dikenal karena dapat meramalkan suatu kejadian besar yang terjadi di dunia. Kalimat (ramalan) terakhir Nostradamus sebelum meninggal dunia adalah “Kamu tidak akan menemukanku hidup ketika matahari terbit”. ** Baca juga: Turnamen Rutin di Jepang, Balap Kursi Demi Perebutkan Hadiah Beras

Adakah arti khusus di balik kalimat yang diucapkan kelima tokoh dunia tersebut? (ilj/bbs)

Berita Terbaru