Kaki Diamputasi Ganda, Pria Ini Sukses Mendaki Puncak Gunung Everest

kabar6.com
Xia Boyu berhasil taklukkan.(The Japan Times)

Kabar6-Meskipun kedua kakinya diamputasi, semangat  Xia Boyu (69) untuk mendaki gunung, terutama Everest, tidak pernah padam.

“Mendaki Gunung Everest adalah impian saya,” katanya. Melansir scmp, setelah pendakian pada 1975 yang menimbulkan bencana, ia melakukan tiga upaya lagi, pada 2014, 2015, dan 2016.

Pada 2016 Xia sudah mendekati puncak sebelum badai salju terjadi. Namun pihak berwenang Nepal melarang orang yang diamputasi ganda, bersama dengan pendaki buta dan sendirian, untuk mendaki hingga mencapai puncak.

Pihak berwenang mengatakan aturan baru itu adalah langkah keamanan. Tapi aturan ini menimbulkan protes karena menganggap mereka telah diskriminatif. Pada akhirnya, aturan itu dicabut sesuai perintah pengadilan.

Peluang ini memberi kesempatan Xia untuk sampai puncak Everest, didukung oleh tim pemandu Sherpa. Rekor tersebut membuat Xia menjadi orang kedua dengan kaki diamputasi ganda, yang pernah mencapai puncak gunung tertinggi di dunia. ** Baca juga: Nikahi 11 Pria, Seorang Wanita Asal Somalia Dirajam Hingga Tewas

Diketahui, sebelumnya ada Mark Inglis dari Selandia Baru, menjadi orang dengan kaki amputasi ganda yang pertama mencapai puncak Everest pada 2006.(ilj/bbs)