oleh

Kakanwil BPN Banten Apresiasi Kinerja BPN Kabupaten Tangerang

Kakanwil BPN Banten, Sri Mujitono saat memimpin Rakor di lingkungan BPN Banten.(bbs)

Kabar6-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten, Sri Mujitono mengapresiasi kinerja jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang yang berhasil meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional tahun 2016 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dalam kegiatan Jatim Expo di Surabaya akhir Meret lalu.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga atas penghargaan yang berhasil diraih oleh kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang dalam inovasi layanan Sabtu dan Minggu dari Kementerian PAN-RB di Jatim Expo,” ujar Mujitono di Serang.

Kebanggaan Sri ini bukan hanya karena keberhasilan diraihnya penghargaan, melainkan juga karena Kantor Pertanahan Binaan Kanwil BPN Banten itu, berhasil merubah paradigma layanan pertanahan yang dulunya dikenal rumit, menjadi mudah, termasuk layanan di hari Sabtu dan Minggu.

“Saya bangga, karena bisa merubah paradigma layanan pertanahan,” katanya.

Sedianya, dalam inovasi pelayanan publik dan diikuti oleh sejumlah lembaga negara yang menampilkan berbagai inovasi pelayanan publik itu, Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang berhasil meraih penghargaan sebagai stand terbaik dalam kegiatan pameran terbesar di Jawa Timur.

“Mudah mudahan apa yang berhasil dicapai ini, dapat ditularkan kepada kantor BPN lainnya di Banten,” imbuhnya.

Mujitono menambahkan, selama ini pihaknya selalu menekankan kepada jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten, untuk membuat inovasi pelayanan untuk memudahkan masyaraat mendapatkan layanan pertanahan, sehingga setiap kantor Pertanahan di Provinsi Banten memiliki masing masing keunggulan dalam inovasi layanan.

“Seperti Kabupaten Pandeglang, memiliki inovasi layanan sertipikasi tanah wakaf, Kantor BPN Tangerang dalam layanan Sabtu dan Minggu dan penerbitan sertipikat HGU PKL, sedangkan Kantor BPN Cilegon memiiki layanan layar sentuh yang akan dilaunching oleh menteri ATR-BPN Bapak Ferry Mursyidan Baldan tanggal 27 April 2016 mendatang di Cilegon,” paparnya.

Sementara, Kepala seksi (Kasi) Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah (HTPT) Kantor Pertanahan Kabupaten Serang menjelaskan, pihaknya kini juga tengah berkonsentarsi menyelesaikan legalisasi aset tahun 2016 sebanyak 6 ribu bidang tanah dalam program Prona yang ditargetkan selesai bulan Juli 2016.

”Kami menargetkan bulan Juli, program Prona sebanyak 6 ribu bidang sudah selesai semua,” tegasnya.

Menurutnya, tanah-tanah yang ditargetkan untuk dikeluarkan sertipikatnya tersebut tersebar di sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten dan Kota Serang.

Selain kegiatan Prona, program legalisasi aset lintas sektor seperti sertipikasi untk nelayan dan pertanian, juga menjadi program kerja prioritas Kantor Pertanahan Kabupaten Serang tahun 2016.

Kegiatan legalisasi aset Program Strategis yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Serang saat ini sudah menyelesaikan 35 persen dari target yang telah ditentukan.
Untuk Prona, dari target 6.000 sudah terselesaikan 2.100 bidang, termasuk untuk program legalisasi aset lintas sektor juga sekarang ini sedang dilakukan percepatan penyelesaian, agar bulan Juli 2016 semuanya rampung dan diserahkan kepada masyarakat.(ADV)

Berita Terbaru