oleh

Kaget Bisa Sebabkan Tekanan Darah Meningkat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin Anda pernah mendengar bahwa emosi seperti marah bisa menyebabkan tekanan darah meninggi. Meskipun demikian, tidak banyak yang mengetahui mengapa hal itu bisa terjadi.

Ketika kita marah, dilansir viva.co.id, hal yang terjadi dalam tubuh adalah adanya peningkatan adrenalin, sehingga menyebabkan spasm yaitu kontraksi otot yang muncul tiba-tiba dan tanpa sadar, dalam pembuluh darah. Spasm ini mengecilnya pembuluh darah, akibatnya tekanan darah meningkat.

Sama halnya dengan tabung, ketika dikecilkan maka tekanan di dalamnya akan meningkat. Inilah yang akhirnya menyebabkan tekanan darah bisa meningkat. Disebutkan, kaget juga bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Di Belanda, kaget yang meningkatkan tekanan darah ini juga sering menyebabkan kematian. ** Baca juga: Berjalan Tanpa Alas Kaki Itu Menyehatkan

Saat kaget ada peningkatan mendadak dari adrenalin. Peningkatan ini bisa menyebabkan spasm, ada pembuluh menyempit dan tekanan darah meningkat. Kalau pembuluh darahnya rapuh, bisa menjadi pecah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru