oleh

Kadis Pendidikan: Peran Orang Tua Penting Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak

Kabar6-Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah berencana akan mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwal) tentang penambahan tugas kepala sekolah, untuk memberikan bimbingan kepada orang tua siswa agar mengetahui proses perkembangan pendidikan anaknya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Masyati Yulia mengatakan, Perwal tersebut masih tengah dipersiapkan. Walaupun teknisnya nanti kepala sekolah memberikan pelajaran kepada orang tua siswa setiap hari sabtu dan juga guru Budi Pekerti (BP) untuk menginformasikan.

“Jadi menginformasikan pertama tentang keadaan anak. Mungkin masalah macam-macam lah, masalah kehadiran, kelebihannya ada di sini, pelajarannya ini. Jadi menitipkan secara tidak langsung materi yang didapatkan disekolah nanti itu dipraktekan dirumah. Supaya berimbang jadi yang didapatkan sekolah benar-benar dipraktekan dirumah,” ujar Masyati kepada wartawan di Gedung MUI Kota Tangerang, Selasa (20/8/2019).

Menurut Masyati, terdapat tiga faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan kualitas pendidikan. Ketiga faktor tersebut yakni dari guru dari orang tua dan lingkungan.

Perwal tersebut pun akan diterapkan baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Hal itu juga akan diterapkan juga dimulai dari Paud hingga tingkatan SMP.

**Baca juga: Gelar Bina Wilayah, Yuli Zaki: 10 Program PKK Harus Digencarkan.

“Kita serentak diterapkan. Kita inginnya merubah minset jangan hanya guru saja tapi orang tua dan dilingkungan harus terlibat,” terangnya.

“Dari sekarang sudah diterapkan hanya nunggu Perwal saja biar guru benar-benar menjalankan, namun prakteknya setelah kita menginformasikan kemarin mensosialisasikan kepada sekolah ya setiap ada event kegiatan itu secara tidak langsung diberitahukan kepada orang tua,” tandasnya.(Oke)

Berita Terbaru