oleh

Kadinkes Desiriana: Kenali Ciri TB dan Pencegahannya

Kabar6-Indonesia merupakan peringkat ke tiga penyakit tuberculosis (TBC) di dunia. Hal itu menjadi pekerjaan rumah yang harus melibatkan semua pihak dalam penanganannya.

“Seminar nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam memberantas TB melalui strategi mobilisasi dan sosialisasi di masyarakat,” ujar Ade Kurniawan, Ketua Pelaksana acara seminar World TB Day 2019 di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Center Tangerang.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Desiriana Dinardianti mengatakan, gejala utama tuberculosis adalah batuk berdahak terus menerus lebih dari dua minggu. Untuk gejala tambahannya, batuk bercampur darah, sesak nafas dan nyeri pada dada.

**Baca juga: Hemat Hingga 32 %, Ini Daftar Produk Harga Teman di Giant.

Ciri lainnya, turunnya nafsu makan, menurunnya berat badan, berkeringat di malam hari walau tidak melakukan kegiatan apapun serta demam meriang berkepanjangan.

“Kalau hal itu terjadi, segera periksa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Agar mendapatkan penanganan dan pengobatan dengan segera,” ungkap Desiriana, Kamis (4/4/2019). (jic)

Berita Terbaru