oleh

Kadang Pria Tidak Paham Menggunakan Kondom

Kabar6-Salah satu alat untuk menunda atau membatasi kelahiran adalah dengan menggunakan kondom saat bercinta. Saat ini, kondom juga sebagai pengaman untuk menghindari penularan penyakit kelamin.

 

Meskipun terlihat sepele, ternyata banyak pria yang kurang paham tata cara memakai kondom yang benar. Padahal, jika digunakan dengan benar, kondom dapat mencegah kemungkinan kehamilan sampai 98 persen dan mencegah penyakit menular seksual.

 

Penelitian yang dilakukan Indiana University, Amerika Serikat, menemukan sejumlah daftar kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan kondom seperti dilansir MensHealth, yaitu:

 

1. Penelitian menunjukkan bahwa antara 17 persen hingga 51,1 persen pria baru memakai karet kondom setelah melakukan hubungan seks, yang berarti mengurangi efektivitas fungsi kondom, terutama untuk mencegah penularan penyakit seksual.

 

2. Sekitar 13,6 persen hingga 44,7 persen pria mengaku melepas kondom sebelum selesai melakukan hubungan intim. ** Baca juga: Bercinta Lebih Hot Dengan Variasi Ini

 

3. Sekitar 2,1 persen hingga 25,3 persen pria mengaku sudah lebih dulu membuka seluruh gulungan kondom sebelum melakukan hubungan seks.

 

4. Sebanyak 24,3 persen hingga 45,7 persen pria lupa menyisakan ruang di ujung kondom sebagai tempat untuk cairan sperma.

 

5. Sebanyak 48,1 persen perempuan dan 41,6 persen pria tidak menekan atau mengeluarkan udara yang ada dalam ujung kondom sebelum digunakan.

 

6. Konyolnya, sekitar empat persen hingga 30,4 persen dilaporkan terbalik saat menggunakan kondom

 

7. Diketahui ada sekitar 11,2 persen perempuan dan 8,8 persen pria mulai melakukan hubungan seksual sebelum gulungan kondom terpakai sempurna.

 

8. Sekitar 2,1 persen hingga 11,2 persen pria membuka bungkus kondom menggunakan benda tajam, sehingga ada kemungkinan kondom akan ikut tersobek.

 

9. Sebanyak 82,7 persen perempuan dan 74,5 persen pria melaporkan bahwa mereka gagal untuk memeriksa kerusakan kondom sebelum digunakan.

 

10. Antara 16 persen hingga 25,8 persen menggunakan kondom tanpa pelumas. Jika Anda berhubungan seks untuk jangka waktu lama, kondom tersebut kemungkinan besar akan robek jika tidak menggunakan pelumas.

 

11. Sekitar 3,2 persen perempuan dan 4,7 persen pria menggunakan pelumas berbahan dasar minyak dengan kondom lateks, yang justru akan melemahkan lateks, sehingga membuat kondom rentan terhadap kerusakan.

 

12. Nyaris 31 persen pria dan 27 persen perempuan gagal menarik kondom setelah ejakulasi.

 

13. Antara 1,4 persen hingga 3,3 persen orang menggunakan kondom bekas pakai setidaknya dua kali selama melakukan hubungan seksual.

 

14. Antara 3,3 persen hingga 19,1 persen menyimpan kondom di tempat yang tidak dianjurkan, misalnya di dompet atau tempat yang langsung terkena sinar matahari.

 

Pemakaian kondom yang benar akan memberi manfaat yang baik, sehingga terhindar dari hal-hal yang merugikan.(ilj)

Berita Terbaru