oleh

Kabupaten Tangerang Raih WTP Ketujuh

Kabar6-Untuk yang ketujuh kalinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang kembali meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

 

WTP diberikan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2014.

 

Penyerahan WTP dilakukan langsung oleh Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Banten, Sunarto, di Auditorium BPK Provinsi Banten, Kamis (28/5/2015).

 

Dalam sambutannya, Sunarto mengatakan, pemeriksaan atas laporan keuangan bertujuan memberikan opini atas LKPD. ** Baca juga: Kapolsek Karawaci Ogah Ditanya Hasil Visum Anggi

 

Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran atas laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria.

 

Yaitu, pertama, kesesuaian dengan standar akuntansi. Kedua, kecukupan pengungkapan. Ketiga, kepatuhan terhadap perundang-undangan. Dan keempat, efektifitas sistem pengendalian intern.

 

Bupati Tangerang, Ahmed zaki Iskandar, di sela-sela acara penyerahan LHP menyampaikan rasa syukurnya atas diraihnya kembali opini WTP yang ketujuh kali secara berturut-turut dari BPK Provinsi Banten.

 

“Alhamdulillah kita (Kabupaten Tangerang) bisa kembali mempertahankan opini WTP yang ketujuh kali secara berturut-turut dari BPK, ini merupakan suatu prestasi.

 

Lebih jauh Zaki menambahkan, untuk kedepannya Pemerintah Kabupaten Tangerang akan terus berusaha dan berupaya mempertahankan opini WTP dari BPK, dan apabila masih ada kekurangan kita terus coba perbaiki dan koreksi.

 

“Kedepannya kita akan menyiapkan sarananya SDM yang mendukung untuk beralih dari sistem cash basis ke akrual basis,” jelasnya.

 

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Iskandar Mirsad, menambahkan LHP yang telah diberikan BPK harus segera di tindak lanjuti rekomendasi tersebut selambat-lambatnya 60 hari sejak laporan diterima.

 

Itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2014 pasal 20 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

 

“Kita patut bersukur atas raihan WTP Tujuh kali berturut-turut ini, dan secepatnya akan menindaklanjuti rekomendasi BPK,” ujar Sekda.(hms/tom migran)

Berita Terbaru