oleh

Kabupaten Tangerang Kebut Program Sanisek

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, segera membangun ratusan toilet sekolah pada tahun 2015.

Ratusan sarana kesehatan bagi siswa tersebut merupakan pelaksanaan program sanitasi sekolah (Sanisek) yang saat ini, memasuki tahap atau tahun ketiga.

Data dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tangerang, pada tahun pertama yakni 2013, pelaksanaan program Sanisek sebanyak 245 toilet di Sekolah Dasar (SD), 18 toilet di Sekolah Dasar (SD) percontohan dan satu toilet di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pelaksanaan tahun kedua yakni 2014, terdapat pembangunan toilet sebanyak 177 unit, dengan masing-masing 89 toilet untuk SD, 54 unit untuk SMP, 26 toilet bagi SMA, dan 8 unit sarana kesehatan itu untuk SMK, dengan mekanisme swakelola sekolah.

Sedangkan untuk tahun ketiga yakni 2015 dengan alokasi anggaran Rp4 miliar, pihak Dinas Pendidikan sudah melakukan verifikasi pada 217 sekolah dengan pembangunan toilet sebanyak 221.

Sebagai rincian, pada SD sebanyak 212 toilet, SMP sebanyak 6 toilet, SMK sebanyak 2 toilet dan Sekolah Luar Biasa (SKB) sebanyak 1 toilet.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Abdul Ghani menjelaskan, untuk tahun 2015, pelaksanaan pembangunan toilet pada program sanisek masih dalam proses pengajuan ke Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.

“Sekolah yang akan dibangun toilet pada tahun 2015, sudah kami verifikasi dan saat ini berkas akan diajukan pada Bupati kemudian, proses pembangunan akan dirancangkan Dinas Cipta Karya,” ungkapnya kepada kabar6.com, Rabu (20/5/2015).

Kendati demikian, sekitar 200 sekolah di wilayah Kabupaten yang masih belum mendapatkan realisasi program Sanisek dikarenakan, kendala keterbatasan lahan dan relokasi sekolah.

“Ya, sekolah yang belum terealisasikan program sanisek karena, masih terkendala lahan dan diantara sekolah tersebut sedang dalam status relokasi. Namun, kami akan terus berusaha agar, seluruh sekolah di Kabupaten dapat terealisasikan program Sanisek,” jelasnya.

Tak luput Abdul pun berharap, program tersebut dapat mendidik para pelajar di wilayah Kabupaten Tangerang, untuk terbiasa menjaga kebersihan baik di lingkungan maupun, diri sendiri.(ADV)

 

Berita Terbaru