oleh

Kabupaten Serang Juara Lomba Kecamatan Siaga Bencana

Kabar6-Pelatihan sekaligus lomba “Kecamatan Siaga Bencana” (KSB) yang digelar Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Banten di Taman Wisata Wulandira, Kota Serang, Banten, berakhir sudah, Minggu (16/12/2012).

Keluar sebagai juara dalam lomba keterampilan mengatasi bencana itu adalah utusan dari Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang. Disusul posisi ke dua ditempati oleh utusan dari Kota Cilegon dan posisi ketiga diraih utusana dari Kabupaten Pandegelang.

Ketua Tagana Banten, H Andika Hazrumy berharap melalui lomba KSB masyarakat bisa lebih siap dan lebih inisiat dalam menghadapi bencana. Caranya bisa dengan mendirikan prasarana penanggulangan bencana, seperti Lumbung Sosial dan Gardu Sosial.

“Kegiatan KSB ini sudah digelar dua tahun berturut-turut. Dan, kegianatan ini merupakan komitmen Tagana Banten menjalankan fungsi kelembagaannya sebagai Satuan Tugas Penangulangan Bencana Berbasis Masyarakat,” ujar Andika.

Lebih jauh anggota DPD RI asal Banten ini berharap, dalam 3 tahun kedepan Banten bisa benar-benar siap menjadi Provinsi Siaga Bencana.

“Sejalan dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, maka peran Tagana juga diperluas dari sekedar melakukan bantuan sosial, menjadi perlindungan sosial,” kata Andika lagi.

Selain penyelenggaraan KSB, kata Andka, Tagana Banten juga terus berupaya memaksimalkan perannya melalui penguatan didalam (internal), seperti pelatihan secara rutin dan berkala hingga penambahan 900 prsonil dari 1286 menjadi 2186.

Dan, lanjutnya, selain penambahan personil, Tagana Banten juga terus meningkatkan sarana dan prasarana yang dimiliki saat ini, berupa peralatan dalama penanggulangan bencana, seperti mobil water treatment dan mobil pusling.(rani)

 

Berita Terbaru