oleh

Junxi Temukan Pisau Berusia 3.000 Tahun di Sungai

Kabar6-Yang Junxi, seorang bocah berusia 11 tahun asal Tiongkok, menemukan sebuah pisau perunggu yang memperlihatkan awal peradaban Tiongkok 3.000 tahun silam, di sungai Laozhoulin, Provinsi Jiangsu.

Awalnya Junxi bermaksud mencuci tangannya di sungai. Sebagaimana dilansir Huffingtonpost, secara tak disangka tangannya terkena sebuah benda keras, yang ternyata adalah sebuah pisau perunggu. Ia pun membawa pulang pisau tersebut, dan diperlihatkan kepada keluarga dan para tetangga.

Orangtua Junxi lantas membawa pisau tersebut kepada seorang ahlin untuk diperiksa. Ternyata, pisau tersebut merupakan peninggalan dari sebuah dinasti, yang kemungkinan digunakan dalam sebuah pertempuran. ** Baca juga: Sebanyak 21 Dot Bayi ‘Bersarang’ dalam Perut Seekor Anjing

Tim arkeolog punditerjunkan untuk mencari benda-benda lainnya di sungai tersebut, karena ada kemungkinan terdapat benda-benda purbakala lainnya. Sementara itu banyak yang ingin membeli pisau temuan Junxi, namun pihak keluarga belum ingin menjualnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru