oleh

Jiwa Entrepreneur di SMP Insan Rabbani Islamic School

Kabar6-Menanamkan jiwa entrepreneurship sejak dini, merupakan solusi tepat terhadap anak-anak didik di sekolah. Hal itu jualah yang dilakukan SMP Insan Rabbani Islamic School yang berlokasi di kawasan BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepala Sekolah SMP Insan Rabbani, Hj Anita Hanurawati mengungkapkan, anak-anak didiknya wajib diberi wawasan pengenalan terhadap entrepreneurship. Maka itu, ada jadwal mata pelajaran yang khusus memperkenalkan cara berwirausaha atau berbisnis.

“Selain mata pelajaran umum, anak-anak juga kami bekali dengan pelajaran entrepreneur, agar anak-anak paham dan mengerti tentang wirausaha atau berbisnis. Sebagai generasi penerus bangsa, mereka harus dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Atau paling tidak, dapat menjadi manusia yang mandiri,” katanya kepada kabar6.com.

Pelajaran entrepreneur, diajarkan kepada anak-anak selama dua jam dalam seminggu. Selain mendapat teori seputar wirausaha, anak-anak juga harus melakukan praktek lapangan.

Praktek lapangan dilakukan dengan cara menggelar bazaar atau mengunjungi beberapa badan usaha seperti salon kecantikan, bengkel dan lain sebagainya.

“Dalam satu kelas kami bagi menjadi beberapa kelompok, bersama kelompoknya mereka saling bertukar pendapat dan berkreasi, untuk menciptakan satu jenis usaha yang bisa menguntungkan. Misalnya saja membuat kue atau kerajinan tangan sebagai barang dagangan,” ujar Anita. **Baca juga: Jagat Alas BSD City, Sekolah Alam Berbasis Islam.

Dalam prakteknya, anak-anak juga diarahkan untuk memanage keuangan yang mereka dapatkan. Keuntungan dari hasil praktek itu, semuanya ditabung. Tabungan itu kemudian akan dipakai saat pihak sekolah mengadakan study tour.(asri)

Berita Terbaru