oleh

Jinten, Rempah-rempah yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Kabar6-Sebuah penelitian menemukan, sejenis rempah-rempah bernama jinten, ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Para peneliti membagi peserta penelitian yang semuanya terdiri dari wanita menjadi dua kelompok.

Kelompok peserta penelitian pertama, melansir Womenshealthmag, diminta untuk mengonsumsi tiga gram jinten yang dicampurkan ke yoghurt untuk makan siang dan makan malam. Sementara itu, para peserta penelitian pada kelompok kedua hanya diminta untuk mengonsumsi yogurt saja.

Para peneliti juga meminta seluruh peserta penelitian yang berjumlah 88 orang tersebut untuk mengonsumsi diet rendah kalori dan melakukan konseling nutrisi selama tiga bulan.

Pada akhir masa penelitian, kedua kelompok peserta penelitian ini sama-sama mengalami penurunan berat badan, di mana kelompok yang mengonsumsi jinten mengalami penurunan berat badan sekira 2,7 kg lebih banyak dibandingkan dengan kelompok peserta kedua.

Kelompok pertama dari para peserta penelitian ini juga mengalami penurunan indeks massa tubuh yang lebih besar, penurunan ukuran lingkar pinggang yang lebih besar, penurunan massa lemak tubuh yang lebih besar, dan penurunan kadar kolesterol yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok kedua yang tidak mengonsumsi jinten.

Selain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, jinten diduga juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan AGEs (advanced glycation end products) yang sangat berperan dalam terjadinya diabetes. ** Baca juga: Saat Patah Hati, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh

AGEs merupakan suatu racun yang biasanya ditemukan pada makanan yang dipanggang. AGEs ini dapat memicu terjadinya stress oksidatif dan kerusakan sel serta mempercepat proses penuaan di dalam tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru