oleh

Jika Tidak Tepat Cara Menggunakannya, Alat Masak Ini Bisa Jadi ‘Mencemari’ Makanan Anda

Kabar6-Memasak makanan di rumah memang lebih terjamin kebersihan serta kandungan gizinya. Meskipun demikian, hal ini juga tergantung pada bagaimana cara kita memasaknya.

Bukan hanya metode memasak seperti memanggang maupun menggoreng, melainkan juga pada penggunaan alat-alat masak di dapur. Mengapa demikian? Ternyata, ada bahaya tersembunyi di balik alat masak yang Anda gunakan.

Diketahui, sebagian alat masak bisa berbahaya bagi kesehatan kita karena membiarkan racun dan kuman penyakit mencemari makanan. Melansir Womantalk, ini dia jenis alat masak yang dimaksud:

1. Alumunium foil
Kebanyakan alat masak berbahan alumunium aman digunakan karena punya lapisan yang melindungi agar kadar logamnya tidak bocor dan mencemari makanan.

Namun ini tidak berlaku untuk alumunium foil atau pembungkus alumunium, karena bahan ini bisa mencemari makanan dengan logam ketika digunakan memasak dengan suhu tinggi.

Terutama ketika Anda memasak bahan makanan asam seperti tomat karena zat ini bisa mempercepat terjadinya pencemaran tersebut.

2. Talenan
Di setiap talenan atau alas pemotong sayur biasanya ada sisa goresan pisau di permukannya? Nah, bakteri penyebab penyakit seperti E. coli dan salmonella paling suka bersembunyi di sela-sela permukaan tersebut, terutama pada talenan bermaterial plastik. Untuk menghindarinya, sebaiknya selalu pilih talenan berbahan kayu.

3. Alat masak yang mengandung plastic (BPA)
Banyak alat penyimpanan makanan serta alat masak yang terbuat dari bahan plastik (BPA). Meskipun bahan ini praktis karena ringan dan mudah dibersihkan, peralatan makan ini membahayakan kesehatan karena meracuni makanan kita.

Ketika bersentuhan dengan suhu tinggi (yang lazim terjadi dalam proses memasak), juga ketika memasak makanan tinggi lemak, asam, dan garam, pencemaran plastik ke makanan pun semakin tinggi. ** Baca juga: Bisakah Diet Tanpa Olahraga?

Yuk, lebih teliti lagi memilih alat masak.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email