oleh

Jika Tidak Dimasak dengan Benar, Bahan Makanan Ini Berisiko Bagi Kesehatan

Kabar6-Demi kesehatan, bahan makanan harus dimasak dengan cara yang benar. Hal ini karena terkadang makanan yang kita konsumsi dapat menimbulkan risiko serius bagi kesehatan.

Makanan diperlakukan dengan cara tertentu sebelum dikonsumsi, karena jika tidak dimasak dengan benar, dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, dan bahkan keracunan. Melansir Sindonews, ada enam makanan yang bisa berbahaya jika tidak dimasak dengan benar. Apa sajakah itu?

1. Ayam
Unggas dapat menjadi sumber banyak bakteri penyebab penyakit seperti campylobacter dan salmonella. Jadi, cara yang baik untuk dikonsumsi adalah dengan selalu memasak ayam secara menyeluruh. Memeriksa suhu internal ayam dan memasak hingga mencapai 165 derajat Celcius adalah langkah yang bagus untuk memastikan memasak yang benar.

2. Singkong
Singkong merupakan sumber karbohidrat yang kaya, tetapi harus direndam dalam air 24 jam sebelum dimasak dengan benar. Singkong mentah mengandung racun yang bermetabolisme dalam tubuh untuk menghasilkan sianida.

Ini bahkan lebih buruk dengan singkong pahit yang ditanam selama musim kemarau. Jadi, memasaknya dengan benar menjadi sangat penting.

3. Telur mentah
Mengonsumsi telur mentah cukup umum. Dari menggunakan putih telur mentah dalam krim kue hingga menggunakannya dalam mayonais, beberapa orang bahkan menyukai rasa telur setengah matang. Tetapi, apakah aman untuk mengkonsumsi telur mentah?

Telur mungkin mengandung bakteri (salmonella), yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan sakit perut. Kadang-kadang, bahkan dapat menularkan virus flu. Oleh karena itu, penting untuk memasak telur dengan benar sebelum dimakan.

4. Beras
Beras bisa terkontaminasi oleh bakteri disebut Bacillus cereus, yang dapat masuk ke tubuh dan menyebabkan gejala keracunan makanan. Karena dapat dengan mudah bertahan hidup dalam kondisi kering, bakteri dapat hidup dalam paket beras di dapur Anda. Jika tidak dimasak dengan benar, bakteri ini bisa bertahan dari panas dan masuk ke tubuh.

5. Kecambah
Ada jenis kecambah tertentu seperti kacang hijau, alfalfa, kecambah semanggi dan bunga matahari yang berisiko infeksi, jika tidak dibersihkan dan dimasak dengan benar.

Bakteri yang hidup pada kecambah ini, seperti listeria, E. coli dan Salmonella yang tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan hangat. Memasak kecambah dengan benar bisa mengurangi risiko keracunan makanan.

6. Keju khusus
Beberapa jenis keju, seperti keju Meksiko, menempatkan kudapan ini pada risiko keracunan makanan. Keju ini terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi dan mentah, yang jauh lebih mungkin terkontaminasi oleh kuman penyebab penyakit daripada jenis yang diobati.

Jadi, jika Anda menggunakan keju ini, pastikan untuk memasaknya dengan benar. ** Baca juga: Lapar Usai Olahraga, Sebaiknya Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Memasak dengan cara benar akan menghindari Anda dari sejumlah masalah kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru