oleh

Jika Tidak Dilakukan dengan Benar, Pijat Justru Bahayakan Kesehatan

Kabar6-Pijat adalah metode penyembuhan atau terapi kesehatan tradisional, dengan cara memberikan tekanan kepada tubuh, baik secara terstruktur, tidak terstruktur, menetap, atau berpindah tempat, dengan memberikan tekanan, gerakan, atau getaran, baik dilakukan secara manual ataupun menggunakan alat mekanis.

Pijat biasanya menggunakan tangan, jemari, sikut, lengan, kaki, atau alat pemijat. Juga dapat memberikan rileksasi rasa nyaman, dan kebugaran.

Pada beberapa kasus, pijat dapat digolongkan sebagai tindakan medis terapi penyembuhan, misalnya pada kasus kram otot, terkilir, atau keseleo. Pijat dapat berupa kegiatan terapi kesehatan, bersifat rekreasional atau bersifat seksual.

Secara spesifik, pijat berkembang di beberapa kebudayaan di dunia, dan adalah penyembuhan secara tradisional yang kini diterima di dunia Barat. Dalam bahasa Inggris, pijat dikenal sebagai massage.

Berdasarkan berbagai penelitian, pijat atau urut juga diduga bermanfaat untuk mengatasi beberapa hal yaitu mengurangi rasa cemas, gangguan pencernaan, fibromialgia (suatu penyakit yang menyebabkan rasa nyeri di beberapa otot sekaligus), nyeri kepala, insomnia yang disebabkan oleh stres, nyeri otot akibat cedera, nyeri otot akibat cedera saat berolahraga

Meskipun pijat atau urut dapat membantu mengurangi nyeri otot dan berbagai hal lainnya, melansir Mayoclinic, disarankan agar Anda tetap berkonsultasi dengan dokter apabila keluhan tidak berkurang atau tetap ada.

Pijat atau urut memiliki berbagai manfaat yang baik. Tetapi terdapat beberapa kondisi tertentu di mana pijat atau urut tidak boleh dilakukan. Beberapa kondisi tersebut adalah:

1. Mempunyai kelainan pembekuan darah
2. Mengonsumsi obat pengencer darah
3. Terdapat luka bakar pada kulit
4. Adanya luka terbuka atau luka yang belum sembuh pada kulit
5. Trombosis vena dalam (adanya sumbatan pada pembuluh vena dalam yang diakibatkan oleh gumpalan darah)
6. Mengalami patah tulang
7. Menderita osteoporosis berat (pengeroposan tulang yang berat)
8. Trombositopenia berat (kadar trombosit di dalam darah sangat rendah)

Pijat atau urut pada umumnya tidak membahayakan, tetapi penekanan yang terlalu berlebihan dapat membahayakan. Beberapa hal yang dapat terjadi akibat penekanan berlebihan tersebut adalah perdarahan organ dalam, kerusakan saraf, kelumpuhan sementara, dan reaksi alergi akibat minyak atau krim pijat. ** Baca juga: Ada Alasan Mengapa Patah Hati Bikin Anda Jadi Tidak Produktif

Jadi, pilih terapis pijat yang memang sudah terlatih.(ilj/bbs)