oleh

Jika Dilakukan Secara Berlebihan, 5 Kebiasaan Sehat Ini Justru Berbahaya

Kabar6-Agar tubuh tetap fit, Anda memang disarankan untuk memulai dari hal sederhana, yaitu melakukan sejumlah kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Namun ahukah Anda, kebiasaan yang dianggap sehat sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berbahaya bagi tubuh di kemudian hari? Bagaimana bisa? Melansir Sindonews, berikut lima kebiasaan sehat yang apabila dilakukan secara verlebihan justru berbahaya bagi tubuh:

1. Suplemen kesehatan
Suplemen vitamin dengan dosis tinggi ternyata dapat menjadi bumerang bagi kesehatan Anda, di mana orang yang mengonsumsi vitamin dosis tinggi sekira empat kali dari jumlah yang diperlukan lebih rentan terkena kanker.

2. Minum anggur
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Cardiology menemukan, orang yang minum anggur untuk alasan agar memiliki jantung yang sehat, minum 47 persen lebih banyak anggur dibandingkan orang lain.

Namun, minum terlalu banyak anggur ternyata dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penambahan berat badan dan meningkatkan risiko stroke.

3. Eksfoliasi
Pengelupasan kulit merupakan teknik yang terbukti dapat menghilangkan kotoran, minyak dan sel-sel mati dari kulit Anda, sekaligus juga membantu antioksidan dan bahan-bahan lain menembus lebih dalam ke kulit.

Tetapi menggosok terlalu banyak dapat membuat kulit kering dan teriritasi. Jadi Anda disarankan untuk tetap menggosok hanya seminggu sekali.

4. Menggosok gigi
Menggosok gigi hingga setengah jam dapat merusak enamel dan mendorong gusi Anda kembali. Menggosokgigi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pada gigi yang mungkin memerlukan beberapa perawatan serius. Selain itu, gunakanlah sikat dengan bulu lembut dan buat garis-garis pendek.

5. Berolahraga
Rutin berolahraga memang sangat penting bagi kesehatan, baik untuk melindungi suasana hati, meningkatkan kesehatan jantung dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Namun, banyak dari kita justru melakukannya secara berlebihan. Perlu diperhatikan, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pemulihan setelah latihan yang berat.

Itulah mengapa sangat penting untuk istirahat dari sesi latihan yang panjang dan intensitas tinggi. ** Baca juga: Pastikan Anda Membersihkan Sayur dan Buah dengan Cara yang Benar Agar Bebas Pestisida

Jadi, lakukan kelima hal tadi dalam porsi yang wajar saja.(ilj/bbs)

Berita Terbaru