oleh

Jenis Pekerjaan Berhubungan Dengan Kesehatan Jantung Lho

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jantung adalah sebuah rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme.

Jantung merupakan salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Yayasan Kesehatan Bupa di Inggris, dikutip dari info-kesehatan.net, menunjukkan bahwa jenis pekerjaan ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan jantung.

Survei dilakukan pada lebih dari 8.000 orang, yang sudah menjalani pemeriksaan usia jantung, dan perusahaan kesehatan asal Inggris tersebut kemudian merilis hasilnya.

Pemeriksaan dilakukan dengan menghitung usia jantung peserta berlandaskan riwayat kesehatan masing-masing, seperti riwayat kesehatan keluarga, tekanan darah dan pola hidup. 

Berdasar hasil survei, faktor pekerjaan dilaporkan memiliki pengaruh penting terhadap perbedaan usia fisik seseorang dengan usia jantung.

Dikutip dari laman CNN Indonesia berikut uraiannya:

1. Pekerjaan dengan kondisi kesehatan jantung yang terbaik adalah kedokteran, guru atau mengajar, akuntansi, perbankan & keuangan, teknologi informasi & layanan informasi, penjualan & ritel

2. Pekerjaan dengan kondisi kesehatan jantung terburuk adalah tenaga kerja manual, logistik & transportasi, konstruksi & properti, pekerjaan amal, energi & utilitas.

Di antara para karyawannya sendiri, perusahaan kesehatan tersebut juga menemukan adanya kondisi kesehatan jantung yang berbeda-beda. ** Baca juga: Sering Duduk Terlalu Lama Memperpendek Usia?

Usia kesehatan jantung di antaranya dipengaruhi oleh pilihan makanan. Kebiasaan mengkonsumsi dan memilih makanan sehat dilaporkan membuat rata-rata usia jantung konsumen satu tahun lebih muda.

“Usia yang tercantum pada akte kelahiran Anda mungkin menyatakan satu hal, tetapi usia jantung Anda menyatakan hal lain. Kami mendorong para pengusaha pemilik perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat bagi jantung, sehingga membantu karyawan mereka memiliki usia jantung yang lebih muda”, ujar CEO Federasi Jantung Dunia (World Heart Federation – WHF), Johanna Ralston

Mengkondisikan situasi kerja untuk kesehatan yang lebih baik itu pilihan. Kesehatan yang prima akan membuat kita semua lebih nyaman dan bersemangat dalam bekerja.(ilj/bbs)

Berita Terbaru